On 2018-03-06 18:40, Bambang Setiawan via MDaemon-L wrote:
> Mohon bantuannya Pak, saat ini beberapa email dari luar lama masuk /
> tidak masuk ke mailserver saya,
>
> Saya coba tes kirim email dari yahoo / gmail ke domain kami dan
> terlampir disampaikan email headernya Pak,

Problemnya di authoritative DNS server domain persada.id yang lambat
response sehingga internal proses mail di sender domain lambat.

Konsultasikan dengan DNS hoster idwebhost.id (jogjacamp.co.id), tanyakan
apakah ada gangguan DNS siang s/d sore tadi.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 18.0-64 Beta B, SP 5.5.1-64 Beta A

Anda dapat mencapai apapun dalam hidup, asalkan Anda tidak keberatan
siapa yang mendapat nama.
        -- Harry S. Truman