From: Mdaemon-L@dutaint.com [mailto:Mdaemon-L@dutaint.com]
Sent: Friday, October 22, 2021 3:34 PM
To: Mdaemon-L@dutaint.com
Subject: [Mdaemon-L] Butuh bantuan dan informasinya perihal RECALL message

On 10/22/21 2:41 PM, Alung Bhani wrote:
> Mohon Pencerahannya, saya ingin menanyakan Perihal RECALL message,
> satta ini kami menggunakan Mdaemon Server V15.03 dan AV 5.5.2.
>
> 1. apakah RECALL  message dari Sent Item Folder mail Client ( outlook
> ) tidak dapat dilakukan ?,  kamis udah mencoba dengan cara – cara
> seperti dibawah ini

Tidak bisa untuk compose new mail di MD v15.x Karena recall itu membutuhkan
message-ID untuk menentukan mana message yang akan di recall, padahal Outlook
tidak generate message-ID saat compose new message.

Kalau di MD 20.x keatas bisa, karena menggunakan mekanisme yang berbeda dimana
semua message yang bisa di recall masuk kedalam queue khusus (Deferred Queue)
dimana message-ID (jika tidak ada) akan otomatis ditambahkan oleh MDaemon.

Di MD 20.x pastikan menu berikut aktif

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/21.0.1/preferences_headers.html

If missing, insert these headers
[x] Date
[x] Message-ID

Add these headers

[x] X-Authenticated-Sender:

Yang artinya message recall hanya bisa berjalan jika email client mengaktifkan
SMTPAuthentication.

> c). RECALL melalui Worlclient ( webmail ) tidak bisa ( tidak Sukses
> ), dikarenakan email yang ada di local Sent Items tidak ditemukan (
> tidak tercopy ) di Sent Items World Client Folder. Apakah saya
> salah/ada kekurangan  dalam konfigurasi di Mdaemon Server saya.

Kalau kirim (compose new) mailnya lewat worldclient maka akan bisa di
recall, tetapi kalau kirimnya (compose new mail) dari/lewat outlook dan
ingin di recall lewat Worldclent webmail *tidak bisa* kalau masih pakai
MDaemon versi dibawah 20.x, dengan alasan yang sama dengan diatas (tidak
ada message-ID yang digenerate oleh Outlook).

Di MD 20.x pun hanya bisa dilakukan seperti itu jika outlook pakai
konfigurasi IMAP dan di set Sent Item Foldernya berada di IMAP server.

https://www.msoutlook.info/question/736

--------
Syafril Hermansyah
MDaemon-L Moderators, running MDaemon 21.5.0 64 bit Beta RC3

Banyak yang tidak menyadari bahwa untuk bisa menjadi pemimpin yang baik
sebenarnya harus pernah membuktikan dirinya pernah menjadi orang yang
dipimpin.
        --- Dahlan Iskan

Versi terakhir: MDaemon 21.0.3, SecurityGateway 8.0.3