Assalamu'alikum,

  Saudaraku semua, semoga antum semua dirahmati Allah Ta'ala, biar adil
sebaiknya kita melihat penafsiran Abu Fida' Ibnu Katsir tentang QS Al Maai-dah
ayat 5 yang mana dijelaskan (pada Tafsir Ibnu Katsir tersebut) bahwa ada
sahabat - sahabat Nabi SAW yang menikah dengan Ahli Kitab.

  Monggo silahkan dibaca kitab tafsirnya, kalau tidak punya bisa dibaca di toko
buku agama, gratis kok. (saya juga ndak punya, tapi minjem sama temen)

  Semoga Bermanfaat
  Barakallahu fiikum

Abu Muhammad Taqy Abdul Jabbar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
        Kemana aja akh Abu Muhammad baru nongol?
> [...]

  Begini akhi, biar tidak salah persepsi, ana nanya itu...bukan ngetest koq?
  Sungguh...ana memang sedang mencari penjelasan tentang masalah ahli kitab ini
sampai tuntas.
  Dan yang ana pahami baru sebatas itu bahwa sudah tidak ada lagi ahli kitab.
  Silahkan antum posting
Kan udah jelas... dari surat Nabi Shallallhu 'alaihi wa sallam tersebut, dimana
pada jaman itu kan Kitab-Kitab tersebut sudah ga murni lagi. Kalo masih murni
mah... tentunya para ahli kitab akan dengan sangat mudah menerima ajakan Nabi
Shallallahu 'alaihi wa sallam. Ya nggak? :-)

  Setelah ana tahu dari akhi Ku Hanya Orang Biasa maka sudah sepantasnya kita
yang sedang tholabul 'ilmi termasuk ana yang mengaku merujuk kepada salafush
shalih selalu lebih mengedepankan perkataan atau penafsiran mereka salafush
shalih. Bukankah begitu manhaj salaf dalam memahami dienul Islam ini? CMIIW!!!
  Apakah kita termasuk orang yang sudah layak menafsirkan hadits secara
langsung termasuk Ustadz Abdul Hakim Abdat?
  Apakah Ibnu Taimiyyah juga menafsirkan begitu, juga Ibnu Hajar al Asqolani
(Ibnu Katsir), ibnul Mubarok dan ulama ahlussunnah lain telah menyepakati
penafsirannya seperti ana sebagai tholabul 'ilm berhak bertanya bukan?

  Ana lebih penasaran dari antum...afwan jangan su'udzon dulu ya...
kalo ada.

  Tapi kalo sudah suudzon dulu yah tidak usah digubris pertanyaan
ana...dicuekin aja tidak usah menjawab.
  Tapi ana jadi punya kesan lain lagi dengan jawaban antum itu?

  Afwan lebih baik konsentrasikan saja membahas masalah Ahli kitab ini dengan
"HAQ"...saya akan bersyukur sekali jika kita semua bisa menutup sikap ta'ashub
terhadap kelompok ustadz fulan...atau ustadz fulan yang lain.
  Lebih baik kita kedepankan etika ilmiyyahnya saja. Yang kita tekankan bukan
ustadznya khan? tapi Allah dan Rosul-Nya dengan pemahaman salafush shalih.
jangan cuma karena orang merujuk tulisan ustadz fulan dan fulan, lalu antum
langsung meremehkan. Lha wong antum saja menafsirkan tidak ada lagi ahli kitab
tanpa dalil... kok orang yang berdalil di cemoohkan.

  Tetapi kalo ngotot mau "berantem" JAPRI aja deh ndak usah bawa yang lain,
OK???!!!
ngajakin berantem, apa ga bisa dihilangkan kata2 "berantem" akhi... ana udah
biasa secara fisik sih di jalanan... sekarang aja lagi latihan dengan
tulisan...udah bosen...

  Ana cuman nuntut asbabul wurudnya malah jadi begini tanggapannya...?? >>>>
ana juga cuma nanya ada masalah apa... kok jadi panjang... dan lebar.... :-P
.... :-)

      KuHanyaOrangBiasa

  MURNIKAN TAUHID, TEGAKAN SUNNAH

  Dari Abu Dzar ra., Rasulullah SAW bersabda, "Jibril berkata kepadaku,
'Barangsiapa diantara umatmu yang meninggal dunia dalam keadaan tidak
menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, maka pasti dia masuk surga'" (HR.
Bukhari - Muslim) [Hadits ini terdapat pada Kitab Shahih Bukhari dan Kitab
Riyadush Shalihin]