-----Original Message-----
From: assunnah@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On
Behalf Of Abu Abdillah
Sent: 13 Juli 2005 14:14
To: assunnah@yahoogroups.com
Subject: Re: [assunnah] Penjelasan Tentang Nur Muhammad

>From: Imran <[EMAIL PROTECTED]>
>Date: Fri Jul 8, 2005  6:18 pm
>Subject: mohon penjelasan tentang Nur Muhammad
>Assalamu 'alaikum wr.wb.
>Ana mohon penjelasan tuntas tentang Nur Muhammad....
>Wassalamu 'alaikum wr.wb.
>Abu Saif

Alhamdulillah....
Nur Muhammad adalah keyakinan yang menyimpang dari kaum Sufi... Dan,
sesungguhnya orang-orang Sufi, dimana beribu-ribu kaum muslimin dari
segala penjuru dirangkul mereka, lalai ketika mengangkat orang-orang
tersebut (para imamnya) ke derajat ketuhanan atau yang mendekati hal
itu.
Yaitu menjadikan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkedudukan
diantara mereka dalam mengatur semesta, baik masalah penciptaan dan
pengaturan, mendatangkan manfaat dan memberikan madharat, qadha dan
qadar. Maka, mulailah mereka mengada-ngadakan perkataan terhadap
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melalui teori Al-Haqiqah Al-
Muhammadiyah yang mengeluarkan Rasulullah dari alam manusia dan
menjadikannya cahaya (Nur). Dari cahaya Muhammad itulah seluruh
mahluk diciptakan.

Dibawah ini akan saya salinkan dari situs http://www.almanhaj.or.id
penjelasan tentang keyakian Nur Muhammad, semoga bermanfaat

BOROK-BOROK SUFI

Oleh
Salim Al-Hilali dan Ziyad Ad-Dabij
Bagian Terakhir dari Tiga Tulisan [3/3]

CAHAYA (NUR) MUHAMMADI
Termasuk dalam madzhab wihdah al-wujud, ialah adanya keyakinan
dikalangan
orang-orang sufi tentang masalah Aqthab, Autad, Abdal, Aghwats, An-
Najba
(yakni beberapa istilah status, jabatan atau peringkat dikalangan
sufi),
bahwa ruh Allah berdiam pada diri mereka sehingga merekalah yang
mengatur
apa yang ada.

Mereka menduduki kedudukan Allah dalam mencipta dan mengatur. Yang
demikianpun termasuk keyakinan Syi'ah terhadap para imamnya. Seperti
dikatakan Khumeini dalam kitabnya Al-Hukumah Al-Islamiyah hal.52 :
"Sesungguhnya imam mempunyai kedudukan yang terpuji dan derajat yang
tinggi,
dan kekuasaan untuk mencipta serta tunduk di bawah kekuasaannya
seluruh
unsur dari semesta ini. Dan termasuk madzhab kami yang sangat penting
pula,
bahwa para imam kita mempunyai kedudukan yang tidak dapat diraih oleh
para
malaikat terdekatpun, dan tidak pula oleh nabi yang didekatkan. Dan
berdasarkan riwayat-riwayat yang ada pada kita, dengan hadits-
haditsnya,
bahwa Rasul teragung Shallallahu 'alaihi wa sallam dan para imam,
mereka
semua, sebelum adanya alam semesta ini berupa cahaya yang dijadikan
Allah
mengelilingi Ars-Nya. [1

"Artinya : ... Sungguh besar perkataan yang keluar dari mulut mereka.
Tiadalah yang mereka katakan itu kecuali dusta". [Al-Kahfi : 5]

Berikut ini sebagian dari perkataan mereka :

[1]. Muhammad Adalah Asal Semesta.
"Sesungguhnnya akal yang pertama adalah dinasabkan kepada Muhamad.
Karenanya
Allah menciptakan Jibril di waktu terdahulu. Maka Muhammad adalah
bapak bagi
Jibril dan merupakan asal dari seluruh alam semesta". [2]

[2]. Muhammad Di Atas 'Arsy.
"Mahluk yang pertama adalah debu, dan mahluk yang pertama yang
berwujud
secara hakiki adalah Muhammad yang disifatkan istiwa' di atas 'Arsy
Ar-Rahmani, yaitu 'Arsy ilahi. [3]

[3]. Cahaya Muhammad (Nur Muhammadi) adalah cahaya Allah.
[4]. Muhammad adalah penjaga atas semesta.
[5]. Semesta diciptakan karena Muhammad.

Ibnu Nabatah Al-Mishri berkata:

Kalau bukan karenanya,
tidak adalah bumi dan tidak pula ufuk.
Tidak pula waktu, tidak pula mahluk,
tidak pula gunung.

[6]. Muhammad Mengetahui Yang Ghaib.

Berikut ini dalil-dalil mereka yang mereka sembunyikan di balik
punggung-punggunya :

Hadits Pertama.
"Artinya : Pertama kali yang diciptakan Allah adalah cahaya nabimu,
wahai
Jabir" [Hadits PALSU]

Hadits Kedua.
"Artinya : Aku sudah menjadi nabi sedangkan Adam masih berwujud antara
air
dan tanah". [Hadits PALSU. Lihat Syarah Jami'ash-Shagir III/91 dan
Asna
Al-Mathalib hal. 195]

Ini adalah perkataan yang sangat lemah dan matan-nya mungkar. Bukankah
air
adalah bagian dari tanah ? Adapun hadits shahih berlafadz : "Artinya :
Aku
sudah menjadi Nabi, sedangkan Adam adalah keadaan antara ruh dan
jasad",
tetapi ini pada ilmu Allah yang azali.

Hadits Ketiga.
"Artinya : Kalau tidak karena engkau, maka bintang-bintang itu tidak
diciptakan". [Shan'ani berkata bahwa hadits ini PALSU dan disepakati
Imam
Syaukani dalam kitab Fawaid Al-Majmu'ah hl. 116]

Padahal sesungguhnya Allah telah menutup berbagai jalan menuju
perbuatan
yang melebih-lebihkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, Allah
Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Katakanlah, sesungguhnya aku ini adalah manusia seperti
kamu
semua. Hanyasanya diwahyukan kepadaku (wahyu). Sesungguhnya
sesembahanmu
adalah sesembahan yang Esa. Maka barangsiapa yang mengharapkan bertemu
dengan Rabbnya, hendaklah ia beramal dengan amalan yang shalih dan
tidak
menyekutukan sesuatu pun dengan-Nya". [Al-kahfi : 110]

Dan berfirman Subhanahu wa Ta'ala.

"Artinya : Katakanlah, Maha Suci Rabbku. Bukankah aku ini hanya
seorang
manusia yang menjadi rasul ?". [Al-Isra : 93]

Dan berfirman Subhanahu wa Ta'ala.

"Artinya : Katakanlah, tidaklah aku mengatakan kepada kalian semua
bahwa aku
mempunyai perbendahaaran Allah, tidak pula aku mengetahui yang ghaib,
tidak
juga aku katakan bahwasanya aku ini malaikat. Tidaklah aku mengikuti
kecuali
apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah, apakah sama orang yang
melihat
dengan orang yang buta ? Apakah kalian semua tidak berpikir ?". [Al-
An'am :
50]

Telah bersabda pula beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam.

"Artinya : Janganlah kalian semua melebih-lebihkan aku seperti orang-
orang
Nashrani melebih-lebihkan Isa anak Maryam. Sesungguhnya aku adalah
hamba,
maka katakanlah hamba Allah dan utusan-Nya". [Hadits Shahih Riwayat
Bukhari
dan Muslim]

Dan telah bersabda Shallallahu 'alaihi wa sallam.

"Artinya : Sesungguhnya aku ini adalah manusia yang dapat marah pula".
[Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim]

Dan riwayat lainnya yang sangat banyak. Inilah sifat-sifat kemanusiaan
yang
di sandang Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam sejak lahirnya hingga
bertemu
dengan Rabbnya. Beliaulah yang mengajak manusia untuk mencontohnya dan
menempuh jejak-jejaknya.

Kalau bukan dari alam kita, tidaklah kita diperintahkan untuk
mengikuti
beliau dan menjalani sunah-sunahnya. Siapakah yang lebih benar
perkataannya
dari Allah, sedangkan Dia telah menyetujui hakikat ini melalui lafadz-
lafadz
Qur'ani yang pasti dan terinci :

"Artinya : Mereka berkata, kenapa tidak diturunkan kepada kita
malaikat ?
kalau diturunkan kepada mereka malaikat, maka pasti telah diselesaikan
perkaranya (dengan dibinasakan mereka semua) kemudian mereka tidak
diberi
tangguh. Dan kalau seandainya Kami turunkan malaikat, pasti akan Kami
jadikan dia seorang manusia, Kami-pun akan jadikan mereka tetap ragu
sebagaimana mereka kini ragu". [Al-An'am : 8-9]

Dan ketahuilah, semoga Allah menambahkan ilmu kepadamu, semesta ini
adalah
mahluk yang diciptakan dengan tujuan tertentu. Yaitu beribadah kepada
Allah.
Seperti dinyatakan dalam firman-Nya.

"Artinya : Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk
beribadah
kepada-Ku". [Adz-Dzariyat : 56]

PENDIDIKAN SUFI

Supaya ajaran tasawuf mencapai tujuannya, mereka kenakan pada tokoh-
tokohnya
sifat bebas dari dosa ('ishmah). Selain itu, menuntut kepada muridnya
agar
bersikap seperti mayit di tangan yang memandikannya. Maka janganlah
engkau
melampauinya dengan mengambil ilmu sufi dari guru lain, karena seorang
murid
yang menimba ilmu dari dua guru ibarat seorang wanita di tangan dua
lelaki.
[4]

Ibnu Arabi berkata : "Sesungguhnya termasuk syarat imam batin,
hendaklah ia
ma'shum (bebas dari dosa)".  Katanya lebih lanjut : "Dan engkau, wahai
para
murid yang tertipu dan tersesat, bantulah apa yang diinginkan terhadap
engkau. Dan bersangka baiklah, jangan membantah. Bahkan yakinilah. Dan
manusia dalam masalah ini mempunyai perkataan yang banyak. Tapi
terserah
dirilah, niscaya engkau akan selamat. Dan Allah lebih mengetahui
perkataan
para walinya. [5]

Kami tidak mengetahui kenapa banyak ulama kaum muslimin berdiam diri
terhadap kekufuran dan keingkaran yang bersembunyi dalam pakaian Islam
yang
bertujuan menipu, menyesatkan serta mengajak kaum muslimin untuk
meyakininya
serta menegakan agama mereka di atas asasnya ? Sesungguhnya termasuk
suatu
kebaikan jihad di sisi Allah untuk menghapuskan fitnah ini dari
kalangan
muslimin, karena sesungguhnya fitnah lebih kejam dari pembunuhan.

Kenapa kaum muslimin tidak terang-terangan memerangi mereka secara
keseluruhan demi tumbangnya kepalsuan-kepalsuan yang telah memburamkan
keindahan Islam ?.

Bahkan kenyataannya banyak kaum muslimin yang tersembelih kesesatan
dan
kekufuran ini. Dan tidaklah menyelamatkan mereka dari keadaan yang
demikian
ini kecuali usaha para ulama Islam untuk menyingkap kebatilan-
kebatilan tadi
dengan berbagai bahasa dan dengan berbagai kedudukan. Maka wahai
Rabbku,
bangkitkanlah orang-orang yang memperbaharui agama-Mu ini, karena
sesungguhnya kaum sufi telah kembali bangkit dengan wajah baru pula.

[Disadur dari kitab Al-Islam fi-Dha'u Al-Kitab wa As-Sunnah, cet.II,
hal.
81-97. Dan dimuat di majalah As-Sunnah edisi 17/II/1416H-1996M, dengan
membawakan judul Borok-Borok Sufi]
________
Fote Note.
[1] Al-Hukumat Al-Islamiyah, Khumeini, hal. 52
[2] Al-Insan Al-Kamil lil Jalil, hal.4
[3] Futuhat Al-Makkiyah, I/152
[4] Ihya' Ulumuddin, I/50-51 dan III/75-76
[5] Futuhat Al-Makkiyah, III/183
[6] Muqaddimah Al-Futuhat, I/5

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM