Ini memperlihatkan bahwa Anda tak pernah betul-betul membaca surat-surat
Kartini. Dalam surat-surat buat sahabat-sahabatnya, jelas sekali sikap Kartini:
ia bahkan lebih suka tidak menikah daripada menjalani poligami.

Kesediaannya untuk diperistri oleh seorang duda lebih karena tekanan ayahnya.
Kecintaan Kartini kepada ayahnya yang sakit-sakitanlah yang memaksa dia untuk
akhirnya menuruti kemauan ayahnya. Ini dinyatakan jelas baik kepada Ny. Rosa
Abendanon maupun Stella Zeehandelaar.

Namun, keinginan Kartini yang sesungguhnya adalah menempuh pendidikan lebih
tinggi dan membuka sekolah bagi wanita Jawa agar mereka menjadi terdidik dan
terbebas dari belenggu poligami. Coba baca surat-suratnya kepada sahabat
penanya di Belanda, Stella Zeehandelar. Ini dinyatakan secara sangat eksplisit.

manneke