On Tue, 4 Jul 2000 21:34:59 +0700
"Yudi Wijaya" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> + Menurut anda sistem proteksi gimana untuk s/w yang paling ampuh,
> hehehe...???
> Kalo ada contoh s/w-nay boleh dech.

yang paling ampuh dari yang pernah gua liat itu software namanya
PowerDesktop kalo gua ngak salah inget, pokoke itu software buat shell
windows 98 lu ... Dia make apa yang disebut/ gua sebut ;) "On the Fly
Patching" , software tsb, adalah software time trial protection ...,
prinsipnya : Software dalam keadaan terkompresi dan terencrypt, ngak
mungkin dipatch dalam keadaan bulet bulet sejago apapun crackernya ...,
daerah memory yang terlihat pada saat Softice dijalankan, berbeda sama
sekali dengan yang dihardisk, karena dia mem"patch" daerah memory
tersebut dengan daerah khusus di software (aplikasinya via Windows Api
WriteProcessMemory) ..., hebat kahn ?

Secara Umum peraturan dalam membuat software proteksi adalah :
1. Jangan Pake Serial Number !!! 90% adalah useless, emang ada sih yang
susah banget encryptnya kaya ACDsee, tapi akhirnya tetep aja bisa
dipecahin juga, jangan lupa ada ribuan cracker di dunia yang siap
menghajar dan dengan senang hati memecahkan sistem proteksi anda ... ;)
2. Jangan pake variabel statis yang mencurigakan, kaya bikin messagebox,
dengan title "Please Register Your Shareware ..." ini akan TERLIHAT
dengan jelas ketika software tersebut di-deadlisting ...
3. Paling Oke, bikin software yang pas versi Shareware kemampuannya
terbatas, misalkan kalau shareware mail client, kamu copot fasilitas
send mailnya ... hehehehe ... Tentu jangan buat hal yang konyol kaya,
kamu cuman nambahin rutin "If" doank, tanpa menulis ulang source
codenya, sayangnya hampir semua software dengan "kemampuan terbatas
untuk Shareware" kaya gitu ..., itu gampang sekali dipecahkan, apalagi
kalau kamu bikin, misalkan pas mau di sendmail, keluar messagebox :
"Excuse Me, this shareware Can Not .... bla bla" hehehehe =) ... Repot
emang tapi ini menurut gua cara yang lumayan ampuh, tapi kalau elu bikin
shareware bagus dengan cara begini (istilahnya crippled Shareware) maka
elu berhadapan bukan lagi sama cracker, tapi sama warez-er ... hehehehe

Sorry, gua udah nyoba jelasin pake bahasa sesederhana mungkin, tapi pas
gua baca ulang malah gua sendiri yang bingung ;) Susah emang kalau kamu
ngak pernah nyoba sendiri, kalau kamu mo bikin proteksi yang tangguh,
kamu kudu jadi cracker yang tangguh dulu ... :)

Regard,
flag eRR ...