  From: Tasrul Tanar
  To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
  Sent: Sunday, November 09, 2008 8:32 PM
  Subject: Re: [obrolan-bandar] (hanya sebuah skenario agar dapat barang lebih
murah) ...Magical Indicator: Fibonacci Projection on IHSG

        Sejauh trend volume IHSG (regular only) tetap terjaga naik, menurut
hemat saya jika terjadi koreksi hanya sebatas koreksi biasa bahkan kesempatan
bagus buat ambil posisi lagi.

        Memang terlihat target koreksi IHSG ke level 1,100-an namun kadang kita
sering lupa ada target atas yang tentu harus dicapai dengan kondisi kondisi
tertentu.

        Jika kita lihat IHSG lebih bercermin pada DJIA, saya sendiri belum
melihat adanya kemungkinan koreksi yang cukup signifikan merubah pergerakkan
indek ini, alasannya masih cukup lebarnya jarak antara MACD Line dengan Triiger
Line (123.71).Dan jika dilihat secara historikal indikasi pelemahan baru
terlihat jika mendekati jarak 54.51, bahkan ada kecenderungan slip (untuk
bergerak naik)

        Dari EW thd IHSG terlihat ada dua indikasi pergerakkan ke level
1,000-an (dengan PTI yang cukup lumayan signifikan) atau ke 1,600-an ?. Tapi
bukankan setelah meyentuh 3 naik ke level 4 ?

        Jika DJIA koreksi tajam lagi dan tembus atau mendekati level terendah
lagi ..berarti paket stimulus..potong suku bunga hingga 1 % , kemenangan Obama
..dll..hal-hal positif yang telah dilakukan tidak memberi kontribusi apa-apa
...apakah akan separah itu ?

        Terakhir, jika kita lihat beta saham khsusnya di LQ-45 jika
dibandingkan dengan beta dengan IHSG dalam periode yang sama dalam jangka
pendek, banyak saham-saham dengan beta lebih besar dari IHSG serta mempunyai
korelasi yang kuat dan performance yang relatif jauh dibawah IHSG, sehingga
volatilitas saham ini cukup besar dan memiliki ruang yang "empuk" buat trading.
Jadi..jika terjadi koreksi saya pikir hanya suatu skenario untuk mendapatkan
barang lebih murah !!