Sebenarnya kurs USD pada 30/09/08 masih rendah yaitu sekitar 9500,
jadi seharusnya rugi kurs pun tidak sebesar itu.

Tapi jika benar karena selisih kurs, seharusnya pada P/L
disebut 238 miliar adalah Kerugian karena selisih kurs dan bukan
Kerugian karena instrumen derivatif ?.

Jika ini adalah Forex loss dari interest rate swap, apakah
wajar jika fx loss melebihi beban bunganya ?.

Thanks pak Armando atas penjelasan yg panjang lebar..

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Armando Anthony
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak  Hmin, USD-IDR 31/12/07 itu 9395, kalau Yen saya tidak tau,
besok senen coba saya cek sama Auditor saya.

> Buat Mbah, Instrument Derivatif memang biasanya digunakan untuk
hedging.  Dulu saya pernah pakai salah satu instrumen hedging
Interest Rate Swap.  Pada waktu itu hutang perusahaan punya pricing
Libor +3% (libor sekitar4% pd wkt itu).  Kemudian Libor turun terus
sampai sekitar 1%.  Tapi karena kita sdh hedge di Libor=4% maka 3%
selisihnya itu tetap menjadi beban perusahaan, dan selisih itu
diposting sebagai FX loss di P/L, karena tidak bisa diamortisasi.
Setiap bulan kan memang ada financial closing disemua perusahaan.
Untuk yg sdh dibayar dan jatuh tempo memang menjadi realized loss,
sedangkan yg belum jatuh tempo menjadi unrealized loss.  Lantas pada
year-end closing, seluruh FX loss itu akan di revaluasi lagi,
sehingga posisi pd year itu bagaimana.  Apakah perusahaan yg
melakukan hedging ini tolol? TIDAK JUGA, karena dengan melakukan
hedging (interest rate swap) di 4% itu perusahaan sudah happy dengan
future outcomenya, karena biasanya
>  manajemen sudah memutuskan dalam Business Plannya, bahwa dg
melakukan interest rate swap di Libor 4% perusahaan akan mendptkan
keuntungan sekian persen dan akan mengalami kerugian jika Libor
loncat diatas 4% (katakanlah 6%).  Bahkan beberapa perusahaan malah
punya Master plan, yg biasanya diset untuk 5 tahunan.

> Sedangkan untuk kasus dibawah ini kira2 kurang lebih sama dengan
kasus diperusahaan saya dulu.  Kalau misalnya perushaan itu punya
hutang obligasi dalam mata uang asing (misalnya dollar) dg bunga
fixed rate 7% misalnya (katakanlah LIBOR/SIBOR/INDICATIVE RATE
lainnya).  Kalau misalnya sekarang LIBOR/SIBOR atau INDICATIVE
INTEREST RATE yg disepakati TURUN, otomatis selisihnya akan membebani
P/L dan dicatat sebagai FX Loss akibat kerugian instrumen derivative
itu.  Apakah perusahaan menjadi rugi? belum tentu, karena mungkin
Business Plannya memang sudah di sepakati begitu oleh managemennya.
Perusahaan yg melakukan hedging biasanya menandatangani ISDA
Agreement.  Cuma karena Q3 ini in-house report, rada susah nyari
detailnya, kecuali punya akses

> Tapi kenapa menjadi sebesar itu (238 millyar)? Kalau ini saya
curiga dari Rp-USDnya juga.  Mungkin ini yg gak diduga.  Sebagian
besar perusahaan memproyeksikan rate sekitar 9500-10,000, kalau
terjadi depresiasi rupiah.  Bahkan ada yg optimis sekitar 9000-an.
Saya sendiri tidak menduga akan lewat 11rb bahkan sempat ke 12 rb-an
lebih.  Kalau saya tau akan ke 12 rb-an pasti saya juga sudah ambil
posisi forward utk buy USD utk barang2 impor saya.  Pada saat-saat
ini sptnya tidak ada satu bankpun yg mau memberikan pricing untuk
forward contract.  kalaupun ada, pasti mahal sekali.

> Armando

Kirim email ke