Saya kutip kalimat yang penting:

*Intinya kalau dana "repo liar" (MTN katanye) terjadi kepakatan, saham2
senilai di atas akan di LOCK selama 2 tahun. Jadi kalau ada pihak yg pengen
mengangkat BUMI, ada lawan sekitar 6T yg akan "minggir" dari lapangan."*

Bisa diartikan selama 2 tahun kedepan, pentungan bear disimpen di gudang.

MTN (Medium term notes / hutang jangka menengah) adalah bentuk
restrukturisasi hutang. Repo sejatinya adalah pembiayaan jangka pendek,
namun karena "kegocek" sama bd minyak dan sentimen global, jadinya di
renegosiasi jadi utang jangka menengah (=bisa dicicil).

cmiiw

Regards,
DE