--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Pengamat Market
<kalipatul...@...> wrote:

> Dear pak oen,
>
> Technical analysis apapun bentuknya entah itu elliot wave, gann atau
yang lain-lain

Saya masih punya "robot" atau software andalan lainnya.
Artinya saya juga memahami pernyataan di atas.

> Tanpa disertai dengan penggunaan money management yang bener
sih....di market gk bakalan selamat pak...

Berarti kita SEPAKAT bahwa bukan SOFTWARE; bahkan TEORI dan KEMAMPUAN
ANALISA itu juga bukan jurus ANDALAN; untuk bertahan dan MENANG di bursa.
Karena hal di atas dengan mudah saja mampu "dipatahkan" oleh Kiat
Eyang SB yaitu Hokie Te It.
Dan itu selalu beliau usung dimana2 dan hampir di setiap kesempatan,
karena KEANDALANNYA, minim buat beliau pribadi.
Padahal jurus andalan saya untuk bertahan dan menang di bursa, masih
BEDA lagi, hanyalah BANYAK TEMAN....
Itu sudah sering saya ungkapkan....

> software elliot wave ada banyak bgt dan bisa dibuat oleh siapa aja..
>
> Ada prognosis, ada mtpredictor, ada trading synergy, ada
tradedecision, ada trading synergy. etc...

> Tapi yang sering terlupa adalah banyak software2 tersebut yang
melupakan kaidah2 elliot wave...sebenernya...

Terserah mereka melupakan atau tidak, yang diharapkan adalah kita
sebagai OPERATOR mampu DIMUDAHKAN oleh software2 tersebut.

Analogi sederhana begini;
Yaitu sebuah KALKULATOR.
Anak kecil diharapkan tidak sering2 menggunakan kalkulator, alasannya
karena mereka masih dalam TAHAP BELAJAR.
Ditakutkan mereka tidak memahami mekanisme (atau kaidah menurut anda)
penjumlahan, pengurangan, perkalian dst.

Bagi seorang penjual di toko kelontong, kalkulator dipergunakan untuk
menghitung; TANPA harus keluar angka decimal.
Padahal bagi seorang ekonom (mis:akuntan), bahkan Teknik (mis:sipil)
hitungan hingga angka decimal sangat PENTING.
Karena mereka diharapkan hasil dengan AKURASI yang tinggi.

Yang tidak boleh dilupakan adalah ESENSI PENGHITUNGAN itu sendiri.
Mis:
- Bahwa 10 ditambah 10 hasilnya mesti BERTAMBAH.
- Kalau 10 dikurangi 5 hasilnya mesti BERKURANG
- Kalau semua angka ditambah/dikurangi 0 mestinya TIDAK BERUBAH.
Dst...

Banyak orang terlalu NJLIMET dalam analisa, padahal saat itu yang
dibutuhkan adalah KESEDERHANAAN....

> Kind Regards,
>

> Aditya
> www.trendtrader.co.cc