Fyi,
Bb dipasaran sgt2 byk yg refurbished=BB rekondisi dr china lalu masuk ke
Indonesia via HK dan China.

BB refurbished itu BB bekas USA dikumpulin,dijual ke China. Di ganti casing,
keypad, dan totally tampak baru. Pdhl mesinnya bekas.

Bbrp wkt lalu brg baru atau refurbished msh bs diketahui dg mudah yaitu BB asli
pake box BB original. Sdgkan itu pake box warna biru atau lainnya.  Tp akhir2
ini di jkt sdh brani buat box nya. Per box kosong dijual 25-35rb. Cukup mirip.
Hy org yg ahli yg bs membedakan mana box asli dan tdk. Yaitu dr bahan, carton
yg dipakai lbh tipis jika dilihat dr layer dalamnya.
Gambar BB di box agak pudar (blur) krn hasil scan.
Pd brg bajakan yg paling sulit ditiru sp perfect adalah gambar. Tdk dpt
film/foto asli, akhrya mrk lgsg scan, otomatis kualitas hsl lbh rendah dr asli.

Sy pernah ditunjukkan box palsu. Dan krn sy pernah bgerak di bid offset mk sy
tahu bedanya.

Sblmnya ga ada yg brani buat box krn tkt resiko bs di tuntut BB. Tp dasar org
Indonesia apa yg ga brani dan bs ditiru?

Bisanya nyontek, bajak, palsuin doang. Bikin dan ciptakan ga bs dan ga mau....
Payah lah....
Kpn mau maju ini bangsa.....
Eh kok jd ngelantur ya.

Back to BB ttg BB refurbished nya.

Dulu, bs jg dilihat dr unit BB itu lgsg. Di bagian status. Brp kapasitas KB
atau MB yg tpakai. Tp lagi2..,akhir2 ini, dasar China mmg otaknya jago, mrk bs
reset BB bekas tsb shg smua data hilang dan jd TOTALLY NEW.......

Nah, kalo bgini bgm dan siapa yg tahu mana itu brg baru atau refurbished?
Tergantung pedagang. Seberapa mrk jujur kpd pembeli apakah BB yg anda beli itu
Brand New atau Refurbished.

Semoga bermanfaat.

Hv a nice week end to all of OB'ers.