Kalo menurut saya, saat ini masih belum bullish cycle. Setidak nya kita masih
perlu menunggu 3 - 6 bulan ke depan untuk konfirmasi nya.
Why ? Meski saat ini sudah ada yg mengatakan bahwa Asia decoupling dengan US,
tapi jangan lupa, pemulihan ekonomi Asia dipimpin oleh China.
Dan saat ini, China sendiri masih tergantung dengan US, mis saja duit investasi
pemerintah China di BOND US, yang mana pemerintah China sendiri sudah
mengeluarkan penyataan sangat mengkhawatirkan uang mereka di US. China juga
masih membutuhkan US dan negara negara Eropa untuk tujuan ekspor mereka untuk
bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka.

Perlu diingat, China juga paling pinter dalam soal menyembunyikan informasi
informasi jelek yg terjadi di negara nya. Contoh saja kasus susu Melamin. Kasus
nya sendiri sudah terjadi di negara China, tapi baru heboh di seluruh dunia
beberapa bulan kemudian.

So kalo pemimpin nya di Asia nanti ada masalah, apakah Indonesia gak ikutan
masalah ?
Sedang untuk Indonesia, kita masih mendengar data ekspor masih minus, artinya
ekspor masih sangat minim. Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih
ditopang oleh konsumsi dalam negeri saja. Kalo nanti ekspor dikatakan sudah
membaik, barulah kita berharap ini sudah awal dari bullish cycle.

Kalo saya, saat ini saya masih trading dan kalo pun invest, saya masih invest
untuk short term saja dulu semisal 1 - 2 bulan.
Intinya kalo udah sampai resistance ya jual dulu, kalo resistance jebol, baru
masuk lagi.

Kesimpulan untuk tahun ini, tahun 2009, tetap lah waspada. Siapa mengira nanti
bottom IHSG ada di tahun ini juga ?
Saya yakin saat ini, semua investor di dunia juga masih berhati hati dalam
menginvestasikan uang mereka. Jadi kalo ada bad news besar nanti (seperti tahun
lalu Lehman Brothers bangkrut), semua investor juga bisa panik.