IMHO,
Masa hare gene ada hardware/software/database yang gak mampu handle 500.000
Transaksi? Di institusi sekelas BEI lagi...
Siapa vendor-nya tuh? Masa gak bisa hitung kapasitas loading hardware (HW)?
Software-nya (konon) sama dengan yang di NY lagi...

CMIIW,
Saya sih curiga batasan 500.000 itu bukan dari faktor HW/SW, melainkan
batasan Lisensi Sistem (berdasarkan Concurrent Transaction). Jadi, biarpun
HW/SW-nya super kenceng/canggih, tapi kalau lisensinya cuman 500.000
concurrent transaction, ya mentok lah. Transaksi ke-500.001 gak akan bisa
diterima sistem. Supaya fair, memang sudah seharusnya BEI mensuspend mesin,
dan "mengosongkan" slot concurrent transaction. Tapi mustinya ini gak
gampang, soalnya timbul dilemma: "transaksi siapa yang harus dihapus secara
manual?". Kalau sembarangan, bisa dimaki-maki orang...

So, kayaknya ini bukan masalah teknis, melainkan komersiil. HW boleh aja
Quad Core, SW boleh aja sama dengan yang di NY. Tapi kemampuan BEI beli
lisensi gak sama dengan NYSE lah.

Qikqikqikqikqik...

BTW, ada yang tahu berapa harga lisensi sistem di BEI?
Siapa tahu saya salah..., ternyata BEI pakai OpenSource...

Qikqikqikqikqik... (lagi)

-W-

2009/4/23 Sudi Mampir <sudi.mam...@yahoo.com>

> jam 9, broker terima order jual BLTA , cm 10 lot lho.. kemudian order
> sebelum jam trading pake send method jam 9.30.. ehh ternyata erorr,.. jadi
> order duplikasi sampe 220.000 lot,
> paniklah tuh sistem JATS.. akhir sesi 2 order sudah dicabut, dan sudah
> dianggap clear..
> meskipun broker yg imput ampe skarang msh stress karena gak tahu apa2 tahu2
> disalahin..ini murni karena system..plis dont judge the broker, kasian lah
> lagi stress dia..
> fact satu lagi..ternyata JATS next G cuma bs nampung 500rb freq.. padahal
> [...]

Kirim email ke