Sang Guru memaparkan buruknya kompetisi.

"Bukankah kompetisi menghasilkan hal terbaik dari diri kita?" tanya seseorang
kepada Sang Guru.

"Kompetisi menghasilkan yang paling buruk, karena kompetisi mengajarimu untuk
membenci."

"Membenci apa?"

"Pertama, membenci dirimu sendiri-karena kamu membiarkan dirimu ditentukan oleh
para pesaing, bukan oleh kebutuhan-kebutuhanmu dan keterbatasan-keterbatasanmu
sendiri.
"Kedua, membenci orang lain karena engkau berusaha unggul dengan mengorbankan
mereka.

"Tetapi itu berarti lonceng kematian bagi perubahan dan kemajuan," protes salah
seorang.

Kata Sang Guru, "Satu-satunya kemajuan yang ada adalah kemajuan cinta.
Satu-satunya perubahan yang pantas dimiliki adalah perubahan hati."