--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Frendy" <wildwildwes...@...> wrote:

> Mbah, apakah mbah masih bersikukuh ihsg 1600 ??
> hehehe.........bosen juga nih liat ihsg yg dipaksakan naik....
> pingin nya ada acara sembelihan di jsx......biar menegangkan....

Embah ini penganut marketwise technical, artinya embah akan
mengalah atau MENGIKUTI pada Gerakan market dan bukan sebaliknya.
Ini sudah menjawab apakah IHSG harus ke 1600 atau tidak.

Tetapi secara Bandarmologi, point2 sbb:
- DUIT yg berputar dibursa berpusat pada group Bakrie.
- Jadi kalo IHSG naik dan saham group Bakrie turun maka LEBIH
  banyak yg kalah dibanding yg untung meskipun IHSG naik (ini cash
  basis tapi BD tidak cash basis karena PTnya susah).
- Tidak dapat disangkal bahwa kenaikan IHSG yg tinggi selama ini
  dimotori FUND yg luar biasa besar yg masuk ke saham group
  Bakrie. Fund ini mengangkat nilai portfolio investor/trader
  secara LANGSUNG dan membuat saham non Bakrie naik secara
  tidak langsung.
- Sejak jatuhnya BUMI dari 2300 KE 1980 saat ini, terjadi ARUS
  BALIK fund tsb. Tapi index bisa tertahan karena pelemahan USD
  dan scenario diangkatnya saham LQ45 untuk memuluskan ARUS
  BALIK tsb (WITHDRAWAL).
- Terlihat ada 2 hal disini:
  - index yg diangkat dan withdrawal pada group Bakrie.
- FUND tsb sangat besar jumlahnya, jika Fund tsb ingin ditarik
  secara cepat maka ada kemungkinan index diangkat sekuat mungkin.
- Tapi jika FUND tsb ditarik secara lambat (SOFT DISTRIBUTION), maka
  sebenarnya anda sedang menyaksikan PROSES tsb.

Scenario mana yg akan diambil ?. Ini merupakan teka teki yg
harus dipecahkan...