--- Pada Sen, 31/8/09, boyz <m457...@yahoo.com.sg> menulis:

Dari: boyz <m457...@yahoo.com.sg>
Judul: Re: [ob] amazing bagus putra perdana
Kepada: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 31 Agustus, 2009, 1:51 PM

                  ja..ja..jadi ???
range-nya brp kang ocoy ?
jendral arto udah terlanjur jualan banyak tuh... :p
ehehe..

Salam,

2009/8/31 Bagus Putra Perdana <disclosure.inc@ gmail.com>

 Book Asset adjustment Pak, semacam shortcut  cari asset adjustment. ini tools
iseng sayah yang sebenernya gak reliable tapi buat ngitung ekstra kilat sih
lumayan. basisnya adalah premis bahwa aset ekuitas minimal harus kasih ROE
diatas 15-16% untuk justifikasi "boleh" dihargai 1X BV.

jadi ROE premium diatas 16% itu berhak mendapat rating lebih, dan rating BV
Premim sekian X nya itu adalah ROE / ROE pasar dipangkat 1.5 karena asumsinya
kelebihan excess dari ROE dapat direinvestment sehingga book value (aset bagi
pemegang ekuitas) bisa compound lebih cepat. aset yang punya ROE 25% secara
logis bisa Compound lebih cepat nilai asetnya dari aset yg generate ROE 15%
sehingga nilai BV secara economicnya layak dihargai lebih tinggi. pangkat 1.5
asumsi holding period 5 tahun pak dan kalo asumsi holding period diatas 10
tahun dan earningnya terlihat sustain dan visible saya juga suka kasih angka
pangkat 2. ini itungan iseng aja sih. biasa buat itungan kasar sebelun saya
masuk lebih dalem buat bottom up.

wah iya salah hitung sodara2... tengkyu pak irwan, mohon dipersori ini salah
itung soalnya sambil sahur rada ngantuk2 ngitungnya.

emang saya rada kurang enak pake Texas BA enakan pake kalkulator casio dah.

sori-sori salah itung... yang bener angka pak irwan.. nah range nya berubah
lagi dah tuh kan..

(ROE 40.87% karena saya perhitungkan level ini hanya akan sustain untuk jangka
waktu 5 tahun jadi pangkatnya 1.5. di depan itu ROE 40.87% bisa reinvested
constant agak terlalu demanding)

Tools cepet aja Pak, Aproximasi awal. in the end decision mesti tetep cek
balance en sustainable earning masa depan sih. ini tools kalo lagi rada males
bikin input model pro forma sih pak...

2009/8/31 Irwan Napitupulu <irwannapitupulu@ gmail.com>

Ulasan Pak Bagus sangat menarik.

Ada sedikit pertanyaan dari saya tentang hitungan terkait valuasi
khususnya yg saya kutipkan di bawah.

Bisa dijelaskan kenapa memakai angka pangkat 1.5?

Alasan memakai ROE BUMI / ROE Market dan kemudian dikalikan dengan

angka BV nya BUMI kira2 hasilnya menunjukkan angka apa ya?

Oh ya, dari angka2 yg dikasih di bawah, kalkulator saya menghasilkan angka
bukan 4,136bio USD tapi 7,128bio USD. Bisa tolong dicek lagi, takutnya
saya yang salah hitung.

Kalau memang 7,128bio USD, saya dapat angka harga sahamnya malah Rp3765.

Terima kasih ya sebelumnya.

IAN

.

--

Each piece, or part, of the whole nature is always an approximation to the
complete truth, or the complete truth so far as we know it. In fact, everything

      Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk
Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka
browser. Dapatkan IE8 di sini!