Opini Personal Yah.., Saya ngerasanya skrg Bos Art mungkin Pemain Yg aslinya
ngerti FA atau secara Natural cukup menguasai kapan dan bagaimana
masuk-keluar dari suatu saham. dengan kata lain Bos Art is a smart
seller-smart buyer.

begini ; BUMI akan announce Laporan Keuangannya. kemungkinan besar earning
Jump, (ASP Naik, Hampir pasti, kemudian akan diikuti oleh gelombang Upgrade
TP dr riset sekuritas), tapi sekali lagi Ini adalah highlight dari sisi
EARNING. bukan Free Cash.

kenapa ini penting ? karena kalo BUMI naik maka BUMI akan terlihat murah di
mata orang awam (Market awam akan fokus kepada earning, PE, PEG), tapi akan
terlihat "Mahal" di mata private buyer atau Institutional Investor (akan
jadi EXIT POINT yg ideal untuk cash-in dan pindah sasaran)

paling tidak ada 2 hal yang sudah cukup umum di kalangan Institutional
Investor Jangka Panjang ;

Kenaikan Laba sudah masuk dalam "Model" Perhitungan. pertanyaannya bagi kami
bukan Laba tapi sebanyak apa "kekuatan penghasil laba ini berubah"
(Peningkatan hasil Produksi dari sisi volume, adakah kenaikan yang permanen)

Level Free Cash. karena Earning cenderung Ilusi biasanya investor institusi
fokus pada free cash karena excess cash adalah hasil yang bisa
didistribusikan kepada pemegang ekuitas (dengan 4 cara ; Dividen, Pelunasan
Hutang, Penggunaan dana secara bijak untuk akuisisi/ekspansi, Buyback
saham). Free Cash Flow wise, cash realization BUMI memang baik dan tinggi
(operating cashflow/Net Income = diatas 1). tapi paling tidak 2-3 tahun ini
BUMI akan masuk periode Capital-Intensive untuk aset yang belum bisa
langsung revenue contribution sebelum 2013.

artinya apa? scr accrual accounting multiple, Earning Yield akan tinggi,
tapi Free Cash Flow Yield tidak. ini akan berdampak pada proteksi atas
downside apabila terjadi resiko yang tidak diinginkan, umumnya ini bisa
dikesampingkan tapi berhubung ini Bakrie dan cukup banyak Yellow Flag maka
ini jadi mental note bahwa ; katakanlah Full Value adalah 100 %, maka exit
point yg bijak adalah sebelum mencapai 100 %, mungkin di 90 % dari full
value sudah lebih baik exit untuk cari lagi barang yang masih 60 % dari full
value.

ada lagi yang lain, BUMI akan masuk periode capital Intensive, jika Arus Kas
Operasi tidak bisa mencukupi kebutuhan Investasi ini, maka jalan satu-satu
nya adalah issuance credit atau equity. credit market masih mau kasih debt
untuk BUMI tapi biasanya dengan jaminan Aset Coal nya, atau dengan CB yang
sebenernya ini terbilang baik dan inovatif tapi saya juga gak pernah dapet
akses untuk tau siapa aja buyer dan termin nya krn ini bukan pasar obligasi
konvensional seperti yang lain serhingga resiko dapat diukur (maksudnya kaya
yg laen tuh kaya biasa dirating, dicatat, di PE -in ke publik). 2-2nya dalah
implikasi riil yang harus dihadapi existing shareholder BUMI skrg terkait
kebutuhan CAPEX BUMI ke depan. melihat hutang bertambah dan aset coal jadi
jaminan atau merasakan "dilusi"{ kalo ada equity raising lagi.

buat saya pribadi, saya lebih terbiasa pakai angka free cash flow dan apa yg
saya nanti adalah berita operasi Perseroan kalo ada yang baik ini akan
ngangkat apresiasi saya terhadap EPV perseroan. tapi andai Sell Side
keluarin berita dan upgrade ke katakanlah 100-125% dari full value versi
saya. saya bersiap untuk unload untuk pindah bobot ke counter lain karena
memang bisa aja masih naik terus di pasar but i would simply be playing
"greater fool".

nah itu saya, meskipun oversees dana cukup besar, saya bukan market maker.
saya hanya beraksi pada dua titik ekstrim, kalo dikasih murah, atau ditawar
mahal. diantara itu saya cuman bisa diem.

yang sedikit beda adalah Bos Art , Pak Oen dan Kolega2nya. mereka ini market
maker. mereka mungkin paham FA dan menghadapi situasi strategi yg sama
seperti saya, Ingin dapat FREE CASH FLOW YIELD yang bisa kompensasi Required
Return mereka. gimana caranya kalo Free Cash sendiri tidak berubah banyak?.
ha. DITURUNIN aja Price nya sampe ke level bisa beli di level yg ekuivalen
Free Cash Flow Yield sesuai Required Return.

Bold or Smart Eh?, Hard To Be Done. Moves Market, Moves Against Headwind
sometimes (frontal menghadapi berita dan sentimen pasar dan riset2
brokerage),...

Thats Why I Highly Respect This Kind Of Guys. Without Them Daring, I Wont
Get Chance To Buy Cheap or Sell Expensive. Coz I Aint A Market Maker...

BTW ngomongin BUMI berat euy.. ada yg ringan2 gak.. umpan lambung donk, yg
kecil2 gitu 2-3rd liner kalo istilahnya Bos Oen., ya buat studi kasus
bareng2 aja gituh... hehe..

--
[...]

Kirim email ke