*GAS NEGARA RAISED TO A `BUY' FROM `NEUTRAL' AT MERRILL LYNCH
  STORY TO FOLLOW.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Rei <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya setuju pak, memakai fasilitas yg sdh ada tanpa biaya tambahan.
Malah untung bertambah!

> Oskar Syahbana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:          Loh saya
ngelihatnya justru DIVERSIFIKASI. Ini bagus, artinya PGAS ga
tergantung lagi hanya kepada satu source of revenue (penyaluran gas),
tapi juga sekarang "penyaluran" informasi. A very strategic move I
think...

obrolan-bandar@yahoogroups.com; [EMAIL PROTECTED]
> Sent: Tuesday, April 3, 2007 12:54:19 PM
> Subject: [obrolan-bandar] PGN bakal jualan jalur serat optik,
internet bakal lebih murah ?

>   PGN Masuk Bisnis Telekomunikasi
>   Ardian Wibisono - detikInet
>

> Jakarta, Perusahaan distribusi gas pelat merah, PT Perusahaan Gas
Negara Tbk (PGN) tidak lagi melulu berbisnis gas. Perusahaan BUMN ini
juga mulai melebarkan sayapnya ke bisnis telekomunikasi.

> PGN akan memanfaatkan jaringan serat optik yang terpasang di
jaringan pipa perseroan. PGN rupanya tidak mau menyia-nyiakan
infrastruktur yang sudah ada itu.

> Untuk rencananya itu PGN juga akan menggandeng PT Indosat Tbk
membentuk perusahaan joint venture bernama PT PGAS Telekomunikasi
Nusantara.

> Apa alasan PGN merambah bisnis yang di luar kemampuan dan bisnis
intinya ini? Berikut petikan wawancara detikFinance dengan Dirut PGN
Sutikno dalam perbincangan melalui telepon, Selasa (3/4/2007).

> Kenapa PGN masuk ke bisnis telekomunikasi?
>
> Ya, kita memanfaatkan jaringan serat optik yang terpasang di
jaringan pipa. Serat optik itu tadinya dipasang untuk komunikasi pipa,
harusnya hanya butuh 4 core tapi dipasang 96 core karena cost-nya
tidak beda jauh, jadi sisanya bisa dimanfaatkan.

> Bentuk usahanya nanti seperti apa, hanya menyediakan backbone atau
keseluruhan?

> Sambil menunggu lisensi kita sewakan dulu ke operator lain, kita
sekalian belajar dulu dengan operator yang sudah berjalan. kalau
lisensi telekomunikasi sudah diperoleh kita akan berdiri sendiri.

> Izin usahanya sudah keluar?
>
> Izinnya sudah keluar, lisensinya yang belum. Direksinya juga sudah
lengkap jadi tinggal menunggu lisensi saja.

> Akan menawarkan keunggulan apa dibanding operator lain?
>
> Itu lebih bagus kualitasnya dari satelit, cost-nya juga lebih murah
karena memanfaatkan jaringan yang sudah ada di pipa. Keunggulan
lainnya, jaringan pipa yang sudah eksis saat ini dari Grisik (Sumatera
Selatan) ke Batam lalu Singapura.

> Nantinya akan tersambung lagi Grisik-Bajanegara (Cilegon, Jawa
Barat) melalui pipa SSWJ (South Sumatera-West Java). Kalau sudah
tersambung Jawa dan Singapura akan connected.

> Kalau berdiri sendiri lingkup operasinya di Sumatera dan Jawa saja?
>
> Ya atau kita bisa bekerja sama dengan operator lain sebagai
retailer. Jadi kita hulu dan retailer-nya operator yang sudah
berjalan. Mereka menyewa jaringan dari kita.

> Dari 96 core saat ini sudah berapa yang disewakan?
>
> Baru disewakan 2 core, ke Indosat. Satu core itu setara jutaan
satuan sambungan telepon.

> Kapan bisa resmi beroperasi?
>
> Kalau lisensinya bisa keluar tahun ini ya tahun ini juga, sekarang
tinggal tunggu lisensi dari Departemen Perhubungan. (ir/nks)

> ---------------------------------
>   Finding fabulous fares is fun.
> Let Yahoo! FareChase search your favorite travel sites to find
flight and hotel bargains.

> --
> Oskar Syahbana
> http://permagnus.com/ -- A Financial site with a human touch
> Please send private messages to iservasia[at]gmail.com

> It's here! Your new message!
> Get new email alerts with the free Yahoo! Toolbar.

Kirim email ke