Pak De,

Penjelasan Anda sangat tepat dan gamblang.

Menurut saya BD=GL=BD, jadi tidak ada bedanya antara Bandar dan GL karena motif
utama mereka mencari untung sebesar-besarnya, secepat-cepatnya dengan berbagai
cara
Kalau perlu dengan memanipulasi angka bid dan offer.

Jika otoritas pasar modal mau dan comitted, cara2 seperti ini perlu ditegur
atau diberi sanksi yang tegas karena bisa membuat pasar modal sebagai ajang
pembantaian terhadap trader/investor kecil yang awam dan pada gilirannya akan
bisa sangat merugikan masa depan kemajuan pasar modal itu sendiri.
Investor/trader kecil yg baru bisa tidak tertarik berinvestasi di BEI.

Saya tidak pernah membeli saham2 typical RBMS, KARK, ADMG dan VRNA atau
lainnya, tetapi sekilas pengamatan saya hal ini sering juga terjadi di saham BC
terutama BUMI dan ANTM.

Untuk ANTM kejadiannya 2 hari lalu, sementara BUMI sangat sering tetapi yg saya
ingat persis yaitu pada saat harga BUMI turun dari 770 menuju AR kiri.

Mudah2an sharing dari pak DE dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Keep posting pak.

Regards,
JO

Sent from my XL BlackBerry®.

"Being true to yourself leads to being true to others. Being true to others
leads to being true to the universe."