Cara kerja pikiran kita itu sedikit unik. Kita harus kadang2 pura2 tidak
terlalu bernafsu u/ mengejarnya... karena terlalu bernafsu kita tidak akan
mendapatkannya.

Menjadi kaya, kejar cewek, dan mendapatkan gelar CFA -- prinsipnya (menurut
saya) sama saja.

Mau terlalu cepat menjadi kaya, anda pasti akan gagal. Anda ngak
mengharapkannya (walaupun ini pura2), anda mendapatkannya dengan berlimpah.
Investasi di saham harus begini (behavioral finance nich). Misalnya begini,
anda sudah hitung, pokoknya asalkan nickel di atas 30,000 saham Antam masih
sangat bagus. Jadi hidup anda tidak menjadi yoyo karena harga nikel tiap hari
naik turun di LME. Anda tidak akan terlalu stress karena anda punya confidence
terhadap sahamnya. Hanya dengan peace in mind, anda akan cuan besar. Kalau
ngak, stress berat tiap hari, ngak tahan, akhirnya cuan sedikit atau cut loss.
Orang lain melihat kita "kok SABAR ya...", pada hal kita bermain dengan
manis....., karena kita punya confidence..... , punya FUN. Jadi FUND (Dapat
Cuan), Fokus dan FUN (Kita menikmati).

      Jadi apakah kita tidak ada hambatan? Ada, hambatannya adalah perasaan
TAKUT kita?  Untuk yang satu ini, kalau anda tidak bisa mengatasi ini, Anda
belum naik kelas. Perasaan takut kita timbul karena kita mencoba mencari
kesalahan2 pada masa depan, yang dalam kenyataan hidup kita (selama pengalaman
hidup kita ini/ atau pengalamam berinvestasi di saham) -- 99.99% tidak terjadi.
Biasanya kalau kita melakukan PR kita artinya kita benar2 analisa sahamnya
(dari atas ke bawah, dari kiri ke kanan, pokoknya detail) kita investasi dengan
confidence level yang tinggi, kita tahu persis perasaan takut kita berdasar
atau tidak, dan biasanya kita berani investasi walaupun kita merasa takut.

Kejar cewek juga begitu, terlalu ambisius -- akhirnya grogi dan salah tingkah.
Jadi harus pura2 supaya kelihatan wajar dan bisa berhasil. Begini cara kerja
pikiran kita supaya ada FUN and PLAYnya. Anda jadi tidak merasa TAKUT.

Mendapatkan gelar CFA juga begitu. Kita tahu memang ujung2nya mendapatkan gelar
itu. Tapi kalau kita terlalu bernafsu, kita akan patah semangat di jalan karena
jalannya menanjak dan terjal. Jadi kita harus benar2 menikmatinya (FUN) supaya
kita tidak merasakan beban mentalnya. Untuk yang ini, saya benar2 melakukannya.
Saya memang mencintai apa yang saya baca (saya lebih melihat ini dalam pikiran
saya sebagai kegiatan yang FUN) dan karenanya saya tidak merasakan sebagai
beban sama sekali saya harus membaca buku yang segitu banyak. (Untuk yang ini
saya tidak pura2 menipu pikiran saya). Tapi begitu masuk level 3, saya merasa
lelah (secara mental) karena pelajaran makin susah (seperti portfolio
management yang susah saya bayangkan dalam praktek nyata). Supaya saya bisa
tetap merasakan FUN dan FOKUS, saya mendekati orang2 yang masih semangat.
Disanalah saya melihat PLAY-nya lagi (dalam pikiran saya), sehingga saya
mendapatkan FUN dan FOKUS sehingga saya dapat lulus level 3 juga. Untuk yang
ini saya sih tidak ada perasaan TAKUT tidak lulus -- masa bodoh lulus atau
tidak, yang penting saya sudah melakukan the best.

Jadi, secara pribadi saya  punya kesimpulan begini, apapun yang kita lakukan --
invest di saham, mau sukses di bisnis:

apabila di hati kita dapat merasakan FUN, PLAY, dan FOKUS pada apa yang kita
lakukan, kita akan sukses. Kenapa bisa begini, karena kita punya CONFIDENCE
yang tinggi karena kita mengerti bisnisnya, sahamnya dll.

Regards :D