*Ini ada berita terbaru mengenai Kemila*

*Dapat Dana tidak Langsung US$70 Juta
Kemila Terafiliasi Recapital*

JAKARTA (Media): PT Kemila International Holding, salah satu investor yang
berminat membeli PT Dipasena Citra Darmaja (Dipasena) diduga memperoleh
pendanaan dari Recapital Advisors. Sumber Media Indonesia mengonfirmasi
bahwa Kemila, yang dipimpin pengusaha Lalam Salam, memperoleh pendanaan
sebesar US$70 juta secara tidak langsung dari Recapital.

"Kemila memperoleh pendanaan secara tidak langsung dari Recapital. Sehingga
jika hanya berpegang pada fakta hukum agak sulit menelusurinya," ungkap
sumber tersebut.

Dana tersebut, lanjutnya, sebagian mengalir melalui PT Citra Dana Asia (Fund
Asia), yang dimotori bankir kawakan Robby Djohan dan Hendro Martowardoyo.

Fund Asia merupakan konsultan keuangan yang membantu Kemila dalam mencari
pendanaan. Sedangkan sebagian dana lagi akan mengalir melalui Bank Tabungan
Pensiunan Nasional (BTPN).

Hal ini dimungkinkan karena salah satu komisaris Kemila adalah mantan Menko
Perekonomian Dorojatun Kuncorojakti, yang juga komisaris utama BTPN.
Komisaris Kemila lainnya adalah Ketua Komisi VI DPR Didik J Rachbini.

Di sisi lain, Recapital melalui perusahaan Admiro Corp merupakan pemegang
71,6% saham BTPN. Sementara itu, Presiden Direktur Recapital Advisors Rosan
P Roeslani juga duduk sebagai salah satu komisaris di BTPN.

Sumber tadi juga mengonfirmasi bahwa dana yang dikucurkan Recapital kepada
Kemila merupakan sebagian dari pinjaman yang dikucurkan Faralon Capital,
melalui anak perusahaannya, Noonday Assets Management.

Sebagaimana diketahui, Recapital memperoleh fasilitas pinjaman US$120 juta
dari Noonday (Media Indonesia 17/4). Ketika hal ini ditanyakan, Komisaris
Utama Recapital Sandiaga Uno tidak berkomentar dan hanya tersenyum.

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) melarang PT Recapital Advisors dan PT
Renaissance Capital Asia beserta afiliasinya yang merupakan preferred
creditor Dipasena sebelumnya, untuk ikut dalam tender kali ini.

"Pasalnya, Recapital dan Renaissance telah dikenai status default, lantaran
gagal memenuhi kewajibannya kepada pemerintah," tegas Sekretaris Perusahaan
PPA Renny O Rorong.

Selain CP Prima dan Kemila, dua investor lain yang telah mengajukan diri
sebagai calon investor Dipasena adalah Laranda Powerindo, dari Filipina,
yang menggandeng pengusaha lokal Rosihan dan Julius P Saria. Calon lainnya
adalah Royal Aqua Bussines Ltd, dari Thailand, yang menggandeng kelompok
Nusantara sebagai mitra lokal.

Posisi plasma
Sementara itu, dalam dokumen info memo program penjualan aset Dipasena yang
diperoleh Media Indonesia, petambak plasma berada dalam posisi yang sangat
lemah.

Info memo tersebut tidak menegaskan sistem kerja sama plasma dan inti wajib
diteruskan pemilik baru. Selain itu, info memo yang diberikan PT Perusahaan
Pengelola Aset (PPA), kepada calon investor Dipasena tersebut, juga tidak
menegaskan bahwa pemilik baru wajib meneruskan dan menjalankan komitmen,
yang sudah disepakati plasma dan inti selama periode 2002-2007. (Dre/E-1).

[ Media Indonesia - Senin, 21 Mei 2007 ]