Kalo pake teori conspiracy bandarmologi, kasus Dubai dan Yunani
itu adalah kasus yg bener2 ada tapi dijadiin sumber duit.

Coba pak Rei pikir pake COMMON SENSE, apakah mungkin BOZZ lokal
dan internasional engga tahu kasus Dubai dan Yunani dari
JAUH JAUH HARI !!!.

Inilah dunia Capitalis, jadi kalo mau cepet kaya, kerja ama
para BOZZ kapitalis dan mudah mudahan LULUSAN Universitas OB
nantinya jadi calon calon Soros atau minimal jadi menantunya
dah... hehehe... jangan ragu dan pesimis, Hokie Te It lah... (jsx_consultant
wrote).

Lantas apa yang bisa dilakukan oleh para retailer dan investor kecil
(yang terlanjur punya posisi di harga atas) untuk menghadapi situasi yang ada
kesan di luar kontrol mereka?

Bagaimana supaya mereka bisa tetap survive di tengah semakin buas-nya
(baca:rakus-nya) para Hedge Fund/Bandar/Pemodal Besar memanfaatkan dan
memanipulasi situasi krisis demi kepentingan mereka?

Adakah cara yang lebih baik selain "bersabar" dan tidak C/L?, Karena (kalau
C/L, loss-nya cukup besar), dan adakah kemungkinan jika setelah CL harga bisa
terus turun atau malah sebaliknya?

Mungkin-kah cara bijak pak Sbudiyana bisa dijadikan contoh bagi kebanyakan para
pemain kecil bursa dalam menghadapi situasi yang dilematis seperti sekarang
ini? (remember pak Budiyana sudah malang melintang di dunia bursa > 20 thn?,
does his approach are suitable with the newcomers?)

Tidak ada jawaban jitu atau pasti bagi setiap orang dalam menyikapi situasi
ini, dan kembali lagi pada apa yang disebut pak Sbudiyana sebagai HO-KIE TE IT
yang berperan dan intuisi masing2 orang.

Maka tidaklah berlebihan apa yang pernah disampaikan saudara saya bahwa dia
sama sekali belum tertarik berinvestasi di stock market karena menurut dia
banyak alasan yang dibuat-buat untuk sebuah kenaikan (memancing OPTIMISME
berlebihan secara semu) sebaliknya juga banyak alasan yang sekedar dibuat-buat
untuk sebuah penurunan(memunculkan "FEAR" yang tidak perlu)yang pada gilirannya
merugikan para investor/retailer kecil, mereka membeli di harga tinggi, setelah
itu terpaksa cut-loss karena takut harga akan turun terus.

Investasi di stock market (bagi sementara orang) adalah "ZERO SUM GAME"
bahkan bisa-bisa menjadi "NEGATIVE SUM-GAME" bukannya gain yang didapat, bisa
jadi modal awal tergerus secara significant.

Gagasan OBAMA untuk membatasi perilaku Bank-Bank commercial dan Para Hedge Fund
untuk mencegah praktek-praktek kotor di stock market perlu diapresiasi, bahkan
pemikiran dari mantan PM Malaysia DR. Mahatir Mohammad yang lebih mengutamakan
sektor riil ketimbang kemajuan pasar modal dan pasar uang patut diancungkan
jempol.

Kembali ke Otoritas Bursa Indonesia, adalah tanggung jawab mereka
untuk memikirkan cara-cara yang tepat dan bijak untuk mencegah terjadinya aksi
spekulasi yang berlebihan (EXCESSIVE) agar pemodal kecil, investor kecil
dan retailer kecil tidak menjadi korban keganasan (GREEDINESS) dari Para Hedge
Fund Besar/Pemodal Besar/Spekulan Besar/MAFIA BESAR BURSA, sehingga pasar modal
Indonesia bisa berkembang secara sehat dan dapat mendukung pertumbuhan sektor
riil secara memadai.

SEMOGA!!!.