Komentar saya terhadap kenaikan Discount rate ini bisa dilihat di:

http://info-saham.com/node/6897

Berikut ini saya kutipkan tulisan tersebut agar memudahkan:

FED: Discount rate naik dari 0.5% menjadi 0.75%

Setelah market closed, FED menaikkan discount rate dari 0.5% menjadi
0.75%. Sementara orang memperkirakan bursa saham akan terimbas akibat
kenaikan discount rate ini.

Saya pribadi melihat kenaikan ini mempunyai dasar pertimbangan karena
ekonomi AS mulai menunjukkan pemulihan sementara level discount rate
yang berlaku sekarang memang sudah sangat terlalu amat rendahnya (saya
pakai bahasa hiperbola), sehingga perlu dilakukan penyesuaian. Saya
perkirakan sampai akhir tahun ini atau awal tahun depan, discount rate
AS akan bertahap menuju level 3.0%, level yang wajar normal
diberlakukan FED dalam menjaga pertumbuhan tetap berjalan normal.

Karena itu saya memperkirakan bisa saja dalam waktu harian (sesaat),
bursa saham akan terkoreksi akibat kenaikan ini, sebelum nantinya akan
kembali melanjutkan pergerakan bullishnya.

Sejarah bursa sudah menunjukkan beberapa kali kejadian dimana saat
suku bunga mulai dinaikan karena ekonomi bertumbuh, bursa saham malah
melanjutkan kenaikan. Sebaliknya, saat suku bunga mulai diturunkan
karena ekonomi mulai menurun, bursa saham malah turun.

Warren Buffet pernah berkomentar seperti ini, "If a business does
well, the stock eventually follows."

IAN

Kirim email ke