From: B Wijaya <emailkes...@gmail.com>
Date: Sat, 27 Feb 2010 15:48:52
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: mentor donggg............Re: [ob] Trading Plan Vs Luck

ah soal belajar ni semua orang pura-pura

kalo anda belajar sendiri itu butuh waktu lama dan perlu watak dan
sifat orang yg kuat dan keras, sementara kebanyak orang kan watak nya
biasa-biasa aja, makanya 85% bangkrut cuma 15% aja yg bertahan dan
segelintir trader yg sukses besar karena mental mereka kuat bisa
bangkit dari keterpurukan gak cuma belajar doang.
kalo belajar doang mah semua orang juga bisa tapi yg punya watak kuat
itu yg sedikit.

karena kebanyakan orang itu gak punya watak kuat maka untuk
meningkatkan persentasi trader yg bisa survive itu perlu yang namanya
mentor !!! bukan cuma nyuruh trader belajar aja..

mentor ini bahkan perlu untuk usaha yg lebih gampang seperti disektor
real. sebagai contoh kenapa banyak karyawan yg bertahun-tahun sukses
didunia kerja begitu PHK atau pensiun dini dan nyoba jadi usahawan
malah banyak yg bangkrut, padahal pendidikannya tinggi? dan kalaupun
berhasil butuh waktu lama dan setelah jatuh bangun berkali-kali...
padahal hanya sedikit orang yg punya watak kuat untuk bisa jatuh dari
keterpurukan. karena itu untuk lebih gampang jadi usahawan perlu
mentor yg guide mereka supaya bisa lewatin tiap kendala dan tiap
siklus usaha.

contoh lain kenapa banyak orang padang yg sukses buka RM, karena
selain belajar masak mereka juga ada mentor yg guide gimana cara
membuka RM dan mengelolanya mentor-mentor ini adalah teman-teman dan
sodara-sodaranya yg lebih dulu sukses buka RM padang.

demikian juga dengan orang chines yg sukses buka usaha pabrik tekstil
atau toko besi, atau bisnis komputer dll, karena banyak sodara dan
teman meraka yg lebih dulu sukses di usaha tersebut sehingga mereka
ada guidance tiap step-stepnya.

nah apalagi untuk menjadi trader di bursa saham yg risknya lebih besar
dari sektor real, maka supaya gampang perlu ada mentor yg mengguide
setiap kondisi dan siklus bursa , lebih mikronya lagi mengguide setiap
keputusan penting yang akan diambil.. jadi gak cukup belajar
doang...bisa keburu bangkrut tuh si trader pemula.

kecuali anda orang dengan watak yg kuat maka tanpa mentor pun anda
bisa survive cukup dengan belajar aja (karena kalau watak anda kuat
maka anda pasti punya disiplin) dan kalau watak anda kuat maka anda
bisa bangkit dari keterpurukan akibat kalah trading... (prof JT
sebelum sukses pernah dimusuhin bini katanya gara-gara hampir
bangkrut.. hehehe...tapi akhirnya kan bangkit dan meledak)

so..buat trader-trader pemula kalau anda tidak punya mental baja lebih
baik cari mentor jangan mengandalkan belajar aja...apalagi cuma
mengandalkan bisik-bisik tetangga...atau cuma mengandalkan
rekomendasi... lebih baik cari orang yg mau guide anda bukan cuma
ngasih rekomendasi... nah itu yg susah cari mentor yg bener-bener
karena si mentor harus juga alokasiin waktunya... susahnya seperti
nyari guru silat... nyari suhu...apakah prof JT n fren udah menjadi
mentor buat murid-murid peserta kursus nya? sepintas hampir iya
kayaknya kalo dilihat dari email-email di milist, entahlah kalo ada
mantan peserta kursus yg konsultasi japri apa diladenin juga? hehehe
kalo cantik pasti diladenin dah ama prof ...  hehe

Kirim email ke