Mohon maaf, saya jadi terpancing juga untuk ikutan komentar.

Long Term Investor dengan Short Term Trader jelas jauh berbeda Pak. Strategy
yang dipakai juga tidak bisa sama. Long Term Investor ada strategy sendiri dan
Short Terms Investor ada strategy yang jauh berbeda. Kalau yang satu bicara
mengenai long term investment yang satunya lagi adalah trader, yahh... sampai
kapan pun enggak bakalan ketemu.

Untuk Long Terms Investment, FA memegang peranan sangat penting, lalu lihat
TA-nya untuk mengetahui kapan entry. Exitnya bisa di lihat dari TP FA.

Untuk Short Terms Trader, TA memegang peranan terpenting, karena ini sangat
menentukan dimana entry point terbaik (teraman), dan sebelum entry harus sudah
tau Exit di berapa, termasuk harus punya target cut-loss kalau ternyata kita
salah posisi. Kebanyakan Trader profesional mengharamkan Average Down,
sebaliknya Long Term Investor kalau harganya turun, malah average down
double-volume.

Jadi, memang masing2 punya style sendiri2 dan tergantung besarnya dana yang
kita miliki. Dengan jumlah dana yang berbeda pun, trading style sudah berbeda.
Jadi carilah yang menurut kita paling cocok untuk kita dan pakailah itu dengan
maksimum.

Jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan.