From: Eka Suwandana <esuwan...@gmail.com>
Date: Sat, 20 Mar 2010 21:45:10
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: Re: Bls: [ob] Nickel price bikin new high ?

Iron Ore unik ya, karena itu komoditas strategis untuk negara maju apalagi
china. Ingat insiden direktur RIO TINTO yang ditahan 7 bulan sampai sekarang
di CHINA, gara2 cuma minta informasi supply demand, impor bulanan ore ke
pejabat China, baru bulan2 lalu muali disindang dgn tuntutan spionage!!!
Direktur ini ditahan di China ketika sedang negosiasi kontrak harga baru
Iron Ore RIO TINTO, dan ada hubungannya dengan gagalnya BUMN China (gw rada
lupa namanya) ambil alih saham right RIO, yang akhirnya diambil BHP.
Kelihatan dari kasus ini , CHINA bener2 mau tutupi kebutuhan ril dia untuk
komoditas IRON ORE, pertama mau akuisisi RIO TINTO tapi gagal, dan kedua mau
tekan rendah harga Iron ore tapi gagal, kalo nggak , nggak dibui dong?
http://www.smh.com.au/business/rio-tinto-man-faces-long-wait-in-jail-20090711-dgo6.html

Saya rasa bisa cepat liat dari grafik Nickel, ini mirip panik buying copper
taun 2009. Saya optimis dan super bullish dgn komoditas, dengan urut2an base
metal COPPER, ALUMINUM, NICKEL, TIN, mirip sebelum rally 2007. Bakal ada
time lag lama sebelum sahamnya ikut naik ke wajarnya. Berkaca ke FCX yang
harga wajar 135$ PER10x 2010 dan sekarang masih di 70-80$, padahal copper
udah balik harganya ke pra 2008. Inget dulu ANTM dan INCO sama begitu juga ,
naiknya pelan dan lama.

2010/3/20 «MACHI» <muhammad.fad...@ymail.com>

> Pak eka,
>
> Mohon petunjuknya,
> Berapa lama timeframe estimasi 20 dollars per pound. Sampai saat ini dari
> googling saya hanya dapat estimasi +- 25000 dollars per tonne atau sekitar
> 11an dollar per pound utk 2010 dan itu hampir sampai.
>
> Nah, yang iron ore ini juga menarik, karna dia akan mendrive harga
> komoditas lain, apalagi kalau base price tahunannya di set tinggi.
> Kenaikan iron ore finalnya itu 30 atau 40 persen?, terakhir saya baca lagi
> negosiasi ada yang claim sudah deal 40 persen dengan china buyers, apakah
> [...]

Kirim email ke