bukan begitu pak, berbicara mengenai akses wireless (selular)
perkembangannya khan ada yg GPRS (1G) s/d 3G atau HSDPA (3.5G), yg mau
diutilize maksimal khan jaringan 3G-nya pak, karena speed bisa s/d 300 KB,
bahkan kalau bisa dpt yg HSDPA (3.5 G) bisa orde MB.

nah untuk akses 3G butuh HP yg udah 3G atau pakai datacard/modem yg 3G juga
(bahkan kalau bisa sekalian yg udah mampu untuk HSDPA).

kalau nggak kemampuannya cuman terbatas ke GPRS (1G) dg speed +/- sama dg
dial.

untuk biaya akan sama karena yg dicharge adalah jumlah byte yg didonlod
(kalau pakai paket bandwidth), cuman waktu donlod untuk jaringan GPRS akan
lambat karena aksesnya pelan/kecil.

data card yg disediakan operator selular sepertinya udah 3G semua.

buat detail dibrowse ke web msg-msg pak.
(untuk Telkomsel hanya ada paket time based)

heheheh jadi kayak salesnya selular nih......