Maksud Mbah? Market akan crash dalam waktu dekat?
  Kalo melihat situasi sekarang, JSX memang anomali. Ini tentu "man-made".
Akankah crash? Tergantung yg buatnya Mbah. Kalo mau dibuat crash, tentu akan
terjadi. Kalo mau dibuat naik terus sampai semua org terheran2 & bingung, tentu
bisa juga terjadi.
  No one knows...Sekarang saya rasa hampir seluruh org berpikir bahwa market
akan crash...atau saya salah? Kalo mayoritas berpikir A, dibuatlah B. BOZZ
penuh kejutan macam David Copperfield. Apakah saya salah Mbah?

jsx_consultant <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          MARKET INSTINCT (Saturday, 3 Nov 07)

Maen saham itu harus FUN kata pak DE, jadi kalo Maen Saham malah
bikin kita stress atau susah tidur atau malah bikin siOTONG
susah bangun, mungkin itu saatnya kita musti merubah TRADING
STYLE kita, misalnya dari daytrade menjadi weektrade atau
menjadi investing...

Begitu juga dengan ANALISA BATIN, yaitu semacam NALURI terhadap
bahaya. Binatang mempunyai NALURI terhadap bahaya yang akan
datang. NALURI ini ada yg bersifat ALAMIAH sejak lahir seperti
anak kura kura yg LANGSUNG lari kelaut, begitu telurnya menetas
supaya tidak dimakan oleh binatang lain.

Ada juga NALURI yg diasah dengan pengalaman, NALURI yg disebut
ANALISA BATIN ialah NALURI yg terbentuk karena pengalaman
seperti pelaut yg bisa merasakan bahaya dengan melihat awan,
angin dan sekeliling.

Begitu juga dibursa, memang betul ada NALURI para trader yg
berpengalaman untuk MENJAUH DARI MARKET seperti yang dikatakan
Mr C.C. Ini mungkin bisa disebut sebagai MARKET INSTINCT...

Apakah anda punya MARKET INSTINCT ?.

Market Instinct ini tidak bisa ditunjukan oleh analisa teknikal,
bisa saja anda bangun pagi dan melihat portfolio anda sudah
crash. Sesudah ini baru signal teknikal MUNCUL tapi harga
sudah jatuh duluan. Atau embah salah, MUNGKIN sebenarnya ada
yg BISA melihat saat ini mau CRASH dari segi analisa TEKNIKAL
atau analisa Fundamental ekonomi makro ?.

Embah juga mau tanya apakah ADA orang disini yg saat ini PUNYA
market instinct bahwa market mau CRASH saat anggota milis OB
kebanyakan bergembira ria melihat IHSG berhasil rebound ditengah
badai regional ?. Apakah cuman si Elaine DOANG , anyone ELSE ?.

Jika jawabannya YA, tapi anda TAKUT posting kemilis karena
resiko digebugin orang sekampung, anda bisa email private
ke embah dan embah akan mempostingkan tulisan anda secara
ANONYMOUS...

embah, bandarmologist

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Cleopatras Cat
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> menurut saya yang o'on TA / FA / bandarmologie & hanya mengandalkan
[AB] analyse batin [meminjam istilah salah satu postingan di sini]
pola nya selalu hampir sama: waktu ekspektasi orang tinggi JSX dibuat
merah, waktu orang takut, index dibuat ijo biar pada belanja & pada
nyangkut. buntut buntutnya cl. masuknya mah gampang, tapi keluarnya?

> DJIA betul rebound pan jumat sesuai harapan si BOZZ. seneng deh
orang orang. biar pada belanja yang banyak. baru dibetot ke bawah yg
dalem.