Kira2 gitulah Kang, belum juga investasinya balik, dalam 4-5 tahun sudah
refinancing.  Padahal Projection cash flownya 10-15 tahun.

  Tapi uraian saya ada yg keliru setelah saya baca2 lagi.  Yg bener biasanya
Net Incomenya disetel kecil (<10%), itu akibat Depresiasi yg besar, biasanya
pake Double declining atau accelerated.  (Untuk Project finance sih bisa, tapi
kalau utk corp. finance, suka dipertanyakan sama lendersnya).

  Kalau NI kecil, berarti bayar pajaknya juga sdikit, padahal orang2 pajak itu
kan dikasih target, tahun ini harus dapat berapa dari perusahaan tertentu.
Mereka sekarang lebih jeli, karena memang banyak yg cheating.

kang_ocoy_maen_saham <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          jadi inget teknik Leveraged-Buy Out nih Pak Armando, hehehehe

Depresiasi pake teknik yg hasilnya maksimum (supaya depresiasinya gede
abiss), Deferred tax jg di-poLL abiss..., nah hasilnya sama dengan
"Maksimum Interest expense" yg bisa diambil buat minjem leverage bakal
buy-out.. nah kalo bunga dr minjem duitnya sebanyak jumlah EBDIT
dikurang depresiasi en int expense.. hasilnya deket2 nol deh.. nah
hasilnya duit buat pemegang saham AKA si takeover jd makin gede
dehh... soalnya Depresiasi tuh kan cuma "Book-Entry" ya ga pak..
cashnya mah ada hehehehe.. dan dapet tax benefit pula... ini nih
makanya kenapa di luar LBO berani di harga yg edan2an..

Ooops, disini udah ada yg pake teknik macem beginian gak yah??? hehehe

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Armando Anthony
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Thom,
>
> itu tadi koreksi dalam hal pencatatan saja, apakah capex itu bisa
dibebankan ke B/S atau masuk ke biaya maintenance costs yg dicatat di
P/L. Karena banyak perusahaan2 yg capexnya gede2 sampai bengkak gak
keruan supaya bisa dapet TAX HOLIDAY, atau minimize tax payment dengan
memperbesar depresiasinya. Padahal gak semuanya bisa didepresiasi
atau amortisasi. Misalnya dilaporan keuangan keliatannya NInya bagus
(katakanlah diatas 20%), tapi ketika diaudit kantor pajak, setelah
debat kusir ternyata kantor pajak tidak mau menerima pencatatan
depresiasi dan akhirnya perusahaan setuju membayar pajak. Itu berarti
dalam catatan buku perusahaan tsb kan akan ada Hutang Pajak +
penaltynya yg sebesar 2%/bulan. Sudah bagus kalau kantor pajak cuma
menjatuhkan penalty. Kalau sampai diusut dan dilaporkan KPK karena
melakukan mislead information (palagi perusahaan tbk), bisa bangkrut
perusahaannya.

> Selebihnya apa yg ditulis Kang Ocoy itu sudah betul. Capex besar
berarti kan ada visi di future bisnis, dan harus generate cash flow yg
memadai dengan mempertimbangkan return, caountry risks, business
risks, dll.