Waduh, kalau PTBA sama kayak saya, Beli di 11.400, tapi bedanya ,
prinsip saya kan anti cut loss, tadi udah jualan setengan PTBA di
11.700, setengah lagi, liat besok kalau naik jual lagi.
Turun, averaging down lagi, tapi kan udah realisasi keuntungan dulu...

Menurut saya, jangan cut loss, mending averaging down, belinya
nyicil. Jadi umpama beli PTBA di 11.400, turun ampe 10.800, kalau
averaging down kan uda untung banyak tuh kalau jualan tadi di 11.700
(apalagi PTBA bisa kita mainin tekok di range 10.800 - 11.100).

Saya juga ada ANTM ampe sekarang di 4425, pas turun ampe 2900 tenang2
aja. MAlah averaging down di 3400, skarang udah cuan buanyak dari
ANTM. Yang penting tenang, jangan CUT LOSS. Karena logikanya kalau
saham turun,  potensi naiknya makin tinggi, jadi sangat bijak kalau
averaging down. Kecuali anda beli saham berfundamental ga baik,
mending cpat2 cut loss ding sebelum nyungsep trus kayak POLY.

Skarang saya banyak nyangkut di UNSP, JSMR, BBNI, MNCN. Tapi secara
overal masih cuan banyak. Rencana saya sih jelas, beli beberapa
saham, yang naik dijual, averaging down yang turun. Kalau saya
lakukan secara konsisten, undah untung banyak sekali, cuman sayangnya
rada kurang disiplin, averaging down di ANTM doang, jadi untungnya
kurang banyak darikalau bener2 disiplin.

Asalkan sebelum anda melakukan pembelian, anda sudah melakukan
kalkulasi harga, dan anda yakin prospek 5 tahun ke depannya OK, walau
bursa suspen atau ditutup 5 tahun juga ga apa2, maka kalauoun turun
ga usah kuatir, tenang2 aja.

PAling parah kan kasusnya misalnya tahun 2003 beli ANTM, bursa tutup
5 tahun, buka lagi 2008, nilai RIIL ANTM udah naik tunggi, dividennya
pasti naik tinggi.

YAng perlu diingat lagi, bahwa harga yang tertera di monitor adalah
harga subjektif, artinya kalau ada orang yang mau menghargfai lebih,
maka harga saham akan naik. KAlau saham tersebut dinilai kurang
atraktif, maka akan turun. Tapi secara fundamental, biasanya harga di
monitor  tidak selalu berhuungan dengan fundamental.

Prinsip yang harus anda pegang adalah :
1. Bikin rencana investasi anda
2. Beli atas dasar fundamental (fear), jual atas dasar teknikal
(greed) alias, beli saat fundamental bagus harga murah jual waktu
pasar ekspektasi terlalu positif.

Saran saya, kalau buat pemula jangan pakai OLT kecuali buat liat
running. Saya baru aja daftar OLT buat liat RUNNING aja, dana
sebenarnya ada di OD, dan rasanya beda banget. waktu di OD,
pengendalian emosinya OK banget, karena apa2 harus nelp dulu dan ada
konsultannya. yang kadang bikin tenang kalau udah panik.  Kalau pakai
OLT langsung, emang banyak sih kelebihannya, tapi jari pada gatel
pengen cut loss dan switch macem2...

Asal tenang pasti..o untung, kalau panik pasti buntung...

With Love,
salam TOGE
(panen toge tiap hari, beli hari ini jual besok, danger, ga buat
pemula)

Kirim email ke