wah...Mr. Oen penjelasannnya sangat jelas dan Lugas. jangan2....Mr. adalah ikan
pausnya...:)hehhehe....

oentoeng_qq <[EMAIL PROTECTED]> wrote:          --- In
obrolan-bandar@yahoogroups.com, Bandar Junior
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Elaine n Oentoeng,

Yang jelas ada ALUR SEDERHANA yg saya pakai buat pegangan...
Walaupun saat ini utk membicarakannya sudah terasa USANG dan
membosankan, karena sering BERULANG...
Yaitu masalah Krisis SPM.

Krisis SPM itu khan mengguncang US pd 2H07.
Artinya FR emiten di US pd 1Q08 demikian jg 1H08 MESTINYA akan lebih
BURUK dari pada 1Q07 maupun 2H07.
Karena di semester awal tahun ini merupakan akibat LANJUTAN guncangan
pada akhir tahun kemarin.

KALAU kita ingin mengharapkan PERBAIKAN/pemulihan ekonomi di US itu
bisa muncul MINIMAL pada AWAL 2H08.
Disitulah akan muncul DATA2 2H08 yg diharapkan LEBIH BAIK drpd 1H08!?
Ini adalah dasar ASUMSI saya bhw pergerakan bursa di dunia akan
berjalan IN LINE dengan DOW...

> Fed Rate Cut, Dollar Strengthen, Gold Drops, Comodities Drops, Oil
Drops Slightly,
> Dow Surge.....................

khan sudah saya bilang sebelumnya bahwa ini adalah permainan SHORT
TERM para Bakal (BD local), BOzz bahkan SuperBozz...
Kalau semua asumsi mereka SUDAH TERCAPAI apalagi yg mau diikuti?
Makanya saya juga wanti2 buat yg pengen (keTELATan) main di area2
TERSEBUT, sudah berbahaya.
Karena posisi kemarin itu adalah LEVEL EKSTREM dimana mengundang
REVERSAL.

Menurut saya kalau kita tahu "Teknik Permainan" para BD, sampai level
SuperBozz PUN sebenarnya SAMA SAJA.
Karena mereka bermain di level internasional hanya perlu PENYESUAIAN
sedikit di sana sini.
Itu semua ADA PENJELASANNYA, dan mudah dipahami kalau kita tahu
POLITIK perekonomian.

> Is it a sign of reversal (real one)
> or just a fake one?

Untuk jangka pendek bagi saya jawabannya IYA.
Hanya perlu dipahami sekali lagi priode turbulence ini akan terus
berlangsung SELAMA semester ini. Artinya masih ada sekitar 3 bulan
lagi kita menghadapi GONJANG GANJING...

Saya pribadi masih terus memainkan strategi hanya bermain 50% dari
MODAL saya untuk equity, sisanya saya mainkan di future market.

> Has the Tsunami over yet?
> or the bigger one is yet to come?

Coba anda liat2 kembali bagaimana posting saya ttg Planned Agenda utk
tahun 2008?
Yang jelas periode CRASH sudah mengerikan, TURBULENCE juga
menyesakkan, berikutnya adalah MEMBENAMKAN....kira2 gimana rasanya?
Setelah crash byk yg kagak percaya kalau setelahnya masih berat, nah
buat sekarang yg merasa berat, bersiaplah bhw di periode mendatang
akan dilanda perasaan PUTUS ASA....
Dari dulu perasaan MENYESAL selalu datangnya
TERLAMBAT....seringkalinya muncul akibat ketidakpercayaan, takabur,
tidak MAWAS DIRI dst.

> Is it entry time?

Yang perlu ditekankan di sini adalah anda bertanya kepada SAYA.
Di milis ini sudah banyak member/senior yg mengaku dan DIAKUI sbg TA
dan atau FA TRADER/INVESTOR.
Saya mempelajari keduanya tapi saya lebih CONCERN pada TEKNIK dan
STRATEGI para BIG PLAYERS/BANDAR!

Melihat OVERALL grafik saham2 di BEI saat ini adalah LEVEL AMAN
untuk "membandari" saham2 tsb.
Karena RELATIF terlalu/masih rendah, untuk dilakukan CUT LOSS bagi
para investor.
Jadi lawan kita adalah para TRADER/INVESTOR yg "tanggung".
Kita masih ada peluang bermain hingga area LOWER HIGH...belon sampai
pembentukan HIGHER HIGH...

Kalau P. Hmin hingga level 2600 kalau saya amannya hingga 2500, di
ATAS itu tinggal menunggu SAAT2 dimana banyak orang sudah percaya
bahwa BEI akan kembali ke all time high.
Disitulah waktunya kita harus LEBIH WASPADA....

Karena selama ini yg sudah terjadi, banyak ikan TERI yg dilahap oleh
ikan KAKAP; bisa puluhan, ratusan mungkin ribuan; saat ikan kakap
LENGAH dalam KEPONGAHAN (keberhasilannya) dia kemarin
langsung...BLEP...DILAHAP...ikan PAUS.

Mungkin penjelasan ini masih terasa "tidak menyenangkan" bagi
sebagian member, tapi inilah skenario yg saya SIKAPI dg strategi yg
saya mainkan saat ini.
APAPUN tujuannya saya hanya ingin IKUT merasakan RALLY 1000 points
nya Elaine ketika tiba saatnya, bahkan ketika BEI mencapai level 4000
saya juga ingin ikut tampil sbg PEMENANG.
Very simple...

Rgrds