Rugi Kurs sebenernya gak se"mengkhawatirkan" itu lg...

di PGAS yg lebih mengkuatirkan adalah posisi negative cashflow PGAS
bahkan sebelum dividen dibagiin krn delivery cashflow molor sementara
beban buat proyek naek signifikan...

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Armando Anthony
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mungkin memang lebih cocok sedikit hati2 dg PGAS pak Ricky,
pertimbangannya begini (lebih banyak dr sisi fundamental ya pak):

> Berdasarkan audited report 2007, PGAS ini ada hutang baru 1.4T dr
BNI, sebagai tambahan atas hutang2 yg sdh ada dr bank2 lain, spt JBIC,
EIBdan ADB.  Hutang2 dr International Banks ini biasanya diguarantee
oleh government (G to G), dan pasti di hedge.  Makanya tidak heran
kalau tahun ini sptnya ada FX loss.  Itu lbh disebabkan krn PGAS
menggunakan instrumen hedging Interest Rate Swap dg ABN Amro.  Dlm
kondisi Fed cut rate terus begini, otomatis bayar SIBORnya lbh mahal
drpd current LIBOR.

> Spesial untuk hutang dr ADB sejak th 1995 ini ada persyaratan khusus
bahwa D/E ratio harus 70:30.  Jadi PGAS tdk bisa macem2 bagi2 dividen.
 Debt-service pasti diutamakan.  Yg paling berat itu adalah beban
bunga dari EIB fixed interest rate yg rangenya 4.9-5.5% (kemungkinan
besar ini diset pada saat LIBOR 4%-an), krn spreadnya EIB itu cuma
0..5%).  Jadi keuntungan atas Fed rate cut belakangan ini tidak bisa
dinikmati oleh PGAS, krn mau gak mau tetap harus bayar bunga fixed, yg
akan matured pada th. 2020. Principal repayment mulai tahun 2010..

> Disamping itu ada 3T yg masih masuk kategori Construction Work-in
Progress (CWIP) yg sptnya tidak bisa di reclasss ke Fixed Asset (9T
sdh di reclass). Yg tidak dijelaskan di FS itu utang baru 1.4T dr BNI
itu digunakan untuk apa?, krn seluruh proyek2nya juga sdh selesai, dan
sudah generate revenue sejak akhir tahun lalu.

> Ada juga unclear contract (US$ 16jt) yg belum jelas mau dibayar atau
gak oleh EMP Kangean (Perusahaan keluarga Bakrie) krn pipa gas
Pertamina yg meledak dulu di Sidorajo?.  Itu adalah supply gas dr
Santos ke EMP kangean yg, spertinya, dibail-out oleh government.
(Kelihatannya Santos gak mau jual langsung ke EMP Kangean, atau
mingkin Santos "diminta oleh gov" untuk supply gasnya ke EMP kangean
melalui PGAS, shg kalau ada force majeure, pemerintah yg hrs bail-out)

> Sekian dulu pak, saya masih mau baca2 lagi.
>
> Mudah2an bermanfaat.
>
> AA

2007 performance

> Bener sekali, Mas Double Triple X. Saya setuju pendapat Anda.
Makanya saya bilang PGAS masih bisa naik lagi karena valuasinya memang
lebih tinggi (TP bisa 17 ribu sampai 25 ribu, tergantung metode
ngitung dan siapa yang ngitung J). Tapi PGAS buat saya lebih cocok
buat trading. Kalo di-hold kelamaan bikin "sakit ati".

> Rgds,
> RW

[EMAIL PROTECTED] ps.com] On Behalf Of xxx xxx
> [...]
2007 performance

> Dalam membaca laporan keuangan, harus dibedakan antara "TEMPORARY
LOSS" atau "FUTURE GROWTH LOSS". Rugi kurs adalah masuk dalam kategori
"Temporary Loss". Yg MEMBAHAYAKAN adalah "Future Growth Loss", karena
ini artinya kedepan bisnisnya akan terus dan cenderung membengkak
kerugiannya.
> Growth PGAS dari sisi "BUSINESS" tidak terganggu oleh Forex Loss,
malah cenderung meningkat.
> JADI, bila banyak yg BUANG Saham PGAS, itu biasanya Short term /
Medium Term TRADER aja. INVESTOR justru HARUS AKUMULASI saham ini..

> 2008/3/29 Forever Apprentice <apprentice.forever@ yahoo.com>:
> PGAS balik ke 12850? Sukur-sukur deh, pasti saya borong.
Unfortunately, I have doubt it will happen. Sial bener kemaren saya
lepas, stupid me!

> GJTL... perhatiin gak ada 1 broker kuning yg secara konsisten beli
ini saham dalam jumlah kecil2 selama udah kira2 >2 bulan tiap hari.

harga 14.150 itu. Belinya waktu turun di 12.850 beberapa minggu lalu.
Mungkin aja harga PGAS bisa naik lagi karena waktu laporan Q3 yang
jelek itu keluar, harganya malah terbang. Tapi biarin aja. Dengan PER
40 kali pasti harganya bisa kembali ke 12 ribu lagi suatu ketika.

> Kali ini penyebab turunnya laba bersih adalah depresiasi dan rugi
selisih kurs. Yang depresiasi itu sudah muncul di Q3 dan dikatakan
sebagai akibat dari mulai beroperasinya pipa baru. Jadi penyusutan
atas investasinya mulai dibebankan ke rugi laba. Yang ngagetin saya ya
yang rugi selisih kurs itu.

> Saya minta pendapat dari Kang Ocoy, embah dan para senior soal rugi
selisih kurs ini. Kayaknya PGAS bukan satu-satunya yang laba bersihnya
digerogoti rugi selisih kurs. Kalau gak salah Gajah Tunggal dan Holcim
juga begitu. Emang penyebabnya apa? Apakah karena kurs USD
terdepresiasi sehingga waktu mata uang USD mereka dikurs ke rupiah per
tanggal 31 Desember nilainya jadi melorot?

> RW

[EMAIL PROTECTED] ps.com] On Behalf Of jsx_consultant
> [...]
>

> Never miss a thing. Make Yahoo your homepage.
>
> __._,_..___
> Messages in this topic (14) Reply (via web post) | Start a new topic
> Messages | Files | Photos | Links | Database | Polls | Calendar
> + +
> + + + + +
> + + + + +
> + +
>
> Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
> Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch
format to Traditional
> Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe Recent
Activity
> [...]
>  11New Files
> Visit Your Group
> Yahoo! News
> Fashion News
> What's the word on
> fashion and style?
> Yahoo! Finance
> It's Now Personal
> Guides, news,
> advice & more.
> Ads on Yahoo!
> Learn more now.
> Reach customers
> searching for you..

> You rock. That's why Blockbuster's offering you one month of
Blockbuster Total Access, No Cost.
> http://tc.deals.yahoo.com/tc/blockbuster/text5.com

Kirim email ke