Ops lupa....

PER wajar menurut saya lho..bukan menurut pasar... karena pasar selalu tidak
wajar :D

Buat saya...forward PE wajar adalah 100% / 10 year bond.
itu baru basic..lalu musti dilihat propek perubahan PE ke
depannya...kekuatan cash flow. bla..bla..etc

kriteria lain saya adalah deviden. Saya agak ogah kalau disuruh keep saham
deviden yield <6% apalagi dalam kondisi TA bearish...ampun-ampun dah kalau
bandarnya nyiksa retail..kapok.

memang sering gak cocok..cuman saya merasa nyaman dengan kriteria di atas..
setidaknya sering menyelamatkan saya dari pembunuhan masal model bulan lalu.

PER wajar untuk minning...mnnn....
Tahun lalu saat minning bullish saya cuman menghargai dengan PE 3-5 untuk
investasi. Kalau anda memakai range yang sama..maka anda kehilangan peluang
gila-gilaan dari pesta minning akhir 2007 - awal 2008. Tapi anda selamat
dari pembunuhan masal bulan lalu. So.. selalu ada 2 sisi. Tinggal
pandai-pandainya kita adjust aja.

Kalau mau tahu pastinya PE berapa... jujur saya katakan.. no body knows.
Pasar itu gila..saat bullish BUMI PTBA bisa dihargai PE 20-25... orang PE
model saya beraninya cuman trading dengan CL ketat. Sekarang BUMI PTBA cuman
dihargai PE 10-15 ?? So mana yang benar ??

No body know.... tinggal view kita aja..untuk trading atau investasi. Kalau
trading bisa aja PE 70 murah...(TMPI aja pernah sampai 300). Buat investasi
do your own homework. Banyak kriteria yang harus dilihat.

Yang jelas..perusahaan ke depannya harus profit dan growth. Kalau ngak coret
aja dari daftar investasi