1. Yang maksa bagian Risk Management Dept MI reksadana. Ada aturan (beda
tiap fund manager) harus cut loss -10 s/d -15% apabila ada underlying
instrument (saham/obligasi) yang underperform (baca=rugi)

2. yang maksa nasabah: apabila ada redemption, MI WAJIB mengembalikan modal
nasabah (baca: jual portofolio)

3. BAPEPAM: Apabila diindikasi force majeure, bapepam bisa ngasih
kelonggaran bagi MI untuk mengalokasikan cash lebih besar dari yang ditulis
di prospektus. Ini pun dalam konteks untuk melindungi modal nasabah, dan
untuk berjaga-jaga seandainya terjadi rush maka cash reserve mencukupi.

Ketiga hal diatas sama sekali tidak ada hubungan dengan fair value.

MI: Manajer Investasi

Regards
DE