--- Ahmad Ridha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ini
>
> Mohon do'a Uni supaya saya diberikan kemampuan
> dimudahkan untuk menuntut
> ilmu dan lebih penting lagi untuk mengamalkannya.

 Uni selalu mendo'akan dik Ridha dalam menuntut ilmu
ini. Itu sebabnya selama ini uni banyak mendiamkan
saja dulu beberapa postingan dik Ridha ( sebelum ini,
), yang mgkn kita beda pendapat. Karena uni tahu siapa
dik Ridha, uni suka sekali orang yang semangat dalam
menuntut ilmu agama ini.

InsyaAllah kelak, dik Ridha akan bisa lebih dalam lagi
dalam masalah hadist2 ini, uni percaya itu.

dalam ilmu hadist ada yang dikatakan " tabi' " ada
yang dikatakan " Syahid ".

Tabi' kalau saja sumber perawi dari berbagai jalan
satu, seperti satu contoh yang kita sebutkan diatas.

Syahid = saksi. Bila ada hadist lemah, jika ada saksi2
lain yang yang dari berbagai jalan dan berbagai
perawi. Juga saksi ini bisa dari Al Quran. Dalam
hadist menuntut ilmu diatas saksinya banyak dari Al
Quran. Namun sayangnya uni belum menemukan derajat
selain derajat lemah saja.

Kalau dik Ridha ingin banyak tahu saksi2 hadist lemah
baik dari hadist itu sendiri ataupun Al Quran, dik
Ridha bisa baca buku karangan Dr Fuad Syakir dalam
kitabnya : laisa min qaulin nabi " ( bukan dari
perkataan nabi SAW ).

Disana akan ditemukan hadist tentang segala yang lemah
atau palsu tetapi mashur dalam kalangan manusia,
lantas akan ditemukan beberapa saksi lain yang bisa
menguatkan makna hadist2 lemah tersebut, begit juga
saksi dari Al Quran, cukupbanyak disana tertera hadist
lemah tetapi dikuatkan.

Atau kitab : Muskilatul Atsar " ( masalah2 hadist
Atsar ) karangan At Thahawi.

Namun tetap benar saja, hadist asal yang lemah tidak
bisa dijadikan sumber hukum. Sebagaimana banyak para
ilmu peneliti jarah wa ta'dil mengatakan si Fulan
lemah, hadistnya tidak dapat dijadikan hujjah, tetapi
bisa dipakai. Hujjah tetap tidak boleh. Cukup banyak,
uni yakin suatu saat kelak dik Ridha akan menemukan
semua itu.

Okay selamat belajar , terimakasih atas segala
kebaikan dik Ridha yang banyak meringankan diskusi
kita ini. Uni salut , uni ngak serajin dik Ridha,
semua serba lengkap, uni pemalas nulis lengkap itu,
bukan tidak adamtapi malas aja, uni bersyukur dik
Ridha mau rajin dalam hal ini.

Wassalam Uni Rahima.