Perbedaan bercerai dan berpisah yang saya bahas adalah dalam konteks
status, berpisah belum tentu bercerai, bercerai dalam artian secara
hukum bukan lagi suami-istri atau direstui oleh Hukum (Negara dan Agama?)
Saya punya definisi di email terakhir
memang tidak mendukung argument saya. Berpisah dan Bercerai dalam
penerjemahannya memang luas sekali.
Memang tidak ada perbedaan antara kedua agama (Katholik dan Protestan),
namun pandangan masyarakat pada umumnya, agama katholik melarang
perceraian. Sedangkan Protestan, pelarangan terutama berdasarkan
peraturan-peraturan yang tertulis di gereja,tidak ada.(Kalau salah tolong
dibetulkan)
Secara statistik saya memang tidak mempunyai data yang kuat mengenai
perceraian dari protestan.
Mengenai penyebab perceraian, menurut saya hubungan antara suami-istri
secara pribadi seharusnya lebih kuat dari peraturan agama.
Peraturan agama hanya menguatkan landasan pernikahan itu sendiri, namun
tidak menjadi penguat pernikahan itu. Kepercayaan bahwa masing-masing pihak
selalu (not always the case,right?) jujur. Ini yang selalu saya
dapat dalam nasehat membina hubungan yang baik. Tanggung jawab masing-masing
pihak adalah kepada yang diatas. (Mungkin kalimat saya ttg peran agama,
sebagai pelengkap saja bisa salah)

Saya jadi ingin tahu ttg berapa atau berapa banyak perceraian dalam
rumah tangga Kristen (Baik protestan maupun katolik)
Apakah tradisi Katolik yang hanya mengijinkan sekali menikah, meningkatkan
kekuatan sebuah rumah tangga.

kalau salah satu pasangan tertangkap basah "nyeleweng" ,
Tergantung pada pasangan yang dikhianatinya, apakah masih mau mempercayayai
"sang pengkhianat", mau memberi kesempatan untuk yang kedua kalinya,
Kebesaran Hati pasangan yang dikhianati bisa kita lihat dari peristiwa ini.
Tentu kebesaran hati ini juga tergantung pada: kekuatan emosional,
mental, masa depan anak-anak. Kadang sang pasangan dapat memaafkan
si pelaku, hanya karena memikirkan nasib anak-anak mereka. Sang pasangan
tentu berpikir pengaruh dari perceraian, apalagi setelah terpukul
dengan kejadian sang ayah/istri mengkhianati sang ibu/ayah (dan mereka juga)
demi cinta yang lain. Inilah yang sering membekas di ingatan anak-anak,
perselingkuhan orang tuanya, perceraian, keluarga berantakan,
melihat bagaimana efek dari ketidak jujuran salah satu orang tuanya thd
ibu/bapak. Ini yang selalu diingat oleh sang anak.

Namun, kadang, dari keluarga single (bercerai/ditinggal mati), muncul figur
tunggal (ayah/ibu) yang cukup kuat. Figur yang selalu dikagumi/diratapi.

Kasihan saja akibatnya bagi anak-anak dan pasangan yang telah dikhianati.
Dan tentunya Gereja harus berpihak pada mereka.
Jadi Apakah Harus Bercerai Apabila Ketahuan Melanggar Hukum Taurat (
Ayat 7 dan 9)?
Sekali lagi, jawabannya tergantung atas kebesaran hati pihak yang dikhianati.

Bung Blucer, you got me...
Salam,

Untuk Bung Effron, saya juga anggota GKI, kalau di Jakarta. Secara Baptis
saya anggota GPIB. Di Irian , karena gerejanya sedikit, apalagi di TPRA
(Tembagapura), saya anggota di GKII (Gereja Kristen Injili di Indonesia)
Wah, saya ngga tau gereja-gereja ini termasuk "cult" yang mana.
Semoga "Oikumene" atau "satu gereja dalam tubuh Yesus".
Di sini saya Gereja "Tubuh Mu adalah Bait Allah" ..... :)

Andrew Pattiwael

Kirim email ke