Salam,
Ketika saya mengeluhkan kegagalan kirim saya, itu semata-maata bukan untuk
menuduh. Saya bertanya sembari mengutip pendapat teman, yang menduga soal
cekal-mencekal. Saya pun sempat mengirim e-mail pribadi ke administrator,
yang pertama, tidak mendapat jawaban. Lalu kedua, dengan pakai 'dugaan
teman'' tadi -- maka langsung dapat respon.

E-mail pribadi itu terpaksa saya sampaikan karena rasa frustrasi saya
mengalami kegagalan mengirim berulang-ulang selama dua hari. Dengan bertanya
kepada administrator, saya berharap akan memperoleh penjelasan.

Saya menjadi lebih kaget ketika e-mail pribadi saya malah muncul di jalur
umum. Sesuatu yang mestinya bisa diselesaikan dan dijelaskan secara 'pribadi'
(karena ini masalah pribadi saya), saya pikir tidak perlu dibuka kepada umum.
Jika saya mau mengangkatnya ke khalayak Permias Listserve seluruhnya, itu
bisa saya lakukan lewat alamat e-mail teman saya yang lain.

Tetapi saya berpikiran bahwa administrator sudah bekerja keras menjadi
"mediator' perbincangan antar kita di milis ini. Saya sendiri banyak
merasakan manfaatnya-- berkenalan, bersilaturahmi dan mengenal  aneka
pemikiran teman-teman lain atas pelbagai  isu yg diangkat.

Hanya satu saran saya, hendaknya kita lebih berhati-hati dalam pemberitahuan
yang bersifat jalur pribadi dan jalur umum. Apabila ada kata atau kalimat
saya yang menyinggung hati para pengasuh milis tercinta ini atau teman-teman
lain seperti bung Blucer dkk yang terlanjur diganggu oleh soal ini, saya
menghaturkan rasa maaf saya yang sebesar-besarnya. Ini pertanda kelemahan
saya sebagai manusia yang rentan akan dosa dan kesalahan

Salam,
ramadhan pohan
# # # #

In a message dated 4/17/99 12:30:38 AM !!!First Boot!!!, [EMAIL PROTECTED]