Pagi hari pada hari Pemilu banyak selebaran gelap di lingkungan tempat
tinggal saya (Ciputat). Isi selebaran itu jelas mendiskreditkan PDIP (entah
siapa pelakunya). Di perkampungan saya dikenal sebagai basis PPP pada pemilu
sebelumnya.

Hasil yang didapat justru mencengangkan. PDIP sepertinya tak tertahankan.
Rata-rata di satu TPS, PDIP meraih setengahnya. Ada satu TPS dengan telak
PDIP memperoleh suara yaitu 224 disusul PAN dengan 92. Sisanya diambil
Golkar, PPP, dan PKB.

Saya makin yakin himbauan MUI beberapa waktu lalu justru menjadi bumerang
bagi partai-partai "Islam". Blunder juga dilakukan Amien Rais saat
mengomentari komposisi Caleg PDIP. Komentar AR justru menurunkan perolehan
suara. Mari kita lihat buktinya.

Efron

Kirim email ke