Saya rasa kalo mau dilihat dari segi organisasi, Permias memang wadah untuk mahasiswa Indonesia di Amerika tok, dan wajar saja kalo terus mailing list-nya mau diregulasi dan dibuat eksklusif hanya untuk para anggota Permias. Yang terasa mengganjal sebenarnya adalah alasan Boy untuk menutup milis ini untuk umum bukanlah karena ingin meng-enforce Permias sebagai organisasi eksklusif, tapi karena milis ini "tidak sesuai dengan semangat kemahasiswaan." Apa sih yg dimaksud dgn "semangat kemahasiswaan?" Sejak saya masih mahasiswa sampai sekarang udah ngga mahasiswa lagi, persepsi saya ttg mahasiswa adalah orang2 yg haus pengetahuan, tidak takut perbedaan, dan selalu berusaha mencari solusi dgn cara bertukar pikiran dan diskusi, walaupun kadang2 berantem :) Jadi saya agak2 bingung dgn pernyataan Boy bhw milis ini tidak sesuai dgn semangat kemahasiswaan, karena justru saya merasa sebaliknya. Perbedaan/diversity itu kan kalau didiemin aja, ngga dibahas, malah bisa jadi menimbulkan salah pengertian, salah persepsi, dan salah2 yg lainnya. Lihat aja contohnya di Amerika sini, racism dan stereotyping kan muncul antara lain akibat tidak adanya komunikasi dan ketidakmengertian masyarakat atas muka2 dan pikiran2 non-bule. Selama ini saya memang kebanyakan cuma jadi pembaca aja, abis ngga punya waktu untuk bikin posting....namanya juga ngecek email di kantor, kan ngga enak email2an kelamaan. Anyway, selama saya ikut milis ini, pengetahuan saya bertambah banyak sekali dgn membaca posting2 mereka yg aktif. Dengan membaca perdebatan anda2 semua, saya jadi bisa tahu pandangan yg berbeda2 ttg suatu issue. Dgn demikian kan wawasan saya bertambah. Yang tadinya mungkin saya sentimen sama Grup A karena kurang/salah informasi, abis baca posting orang dari Grup A yg menjelaskan lebih jauh ttg grupnya, terus kan saya jadi mengerti dan ngga sentimen lagi gituuuu.... Jadi pertanyaan saya selanjutnya, kalo debat2 seperti ini ngga diperbolehkan, lalu apa yg dimaksud Boy dgn "info sehari-hari yg berguna untuk survive di perantauan ini?" Informasi ttg job fairs, jualan stereo/tv/mobil/textbooks buat yg mo pulang for good, acara2 permias, pengumuman2.......tolong dikoreksi kalo salah.... Bisakah dijelaskan bagaimana "info sehari2" seperti yg diatas itu bisa lebih berguna untuk survive di perantauan ini dibanding perdebatan2 yang menyadarkan kita akan perbedaan, diskusi2 yang mengajari kita untuk menerima dan berusaha beradaptasi dgn segala perbedaan2 itu? Well, udah kepanjangan kayaknya ya nulisnya....maaf kalau ada kata2 saya yg salah atau menyinggung....Saya hanya tidak ingin melihat milis ini ditutup untuk umum karena alasan2 Boy yg saya kutip diatas. Give me better reasonings for closing this list to the public. thanks, desi -----Original Message----- From: Indonesian Students in the US [mailto:[EMAIL PROTECTED]]On Behalf Of Igg Adiwijaya Sent: Thursday, June 17, 1999 9:48 AM To: [EMAIL PROTECTED] Subject: PERMIAS@ BUBAR? Re: Kebebasan Berinpirasi Dan Tidak Ada Diskriminasi!! Kalo menurut saya sih, wajar-wajar aja kalau PERMIAS@ mau menyaring keanggotaanya (terlepas dengan isi diskusi akhir-akhir ini : mengenai agama dll.). Yah .. namanya juga "PERMIAS@" (Perkumpulan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat). Tujuan awal dibangunnya PERMIAS@ adalah untuk mengayom dan sarana diskusi mahasiswa Indonesia di AS (saya kira-kira aja nih dan nggak pasti apa tujuannya tertulis atau enggak). Yah .. emang mailing list nya selective kok. Nggak tau kenapa dibuka untuk umum beberapa tahun lalu. Permias sendiri khan suatu institusi yang bisa aja selective seperti institusi/organisasi yang lainnya. Nah ... yang non mahasiswa di AS bisa terus berdiskusi seperti biasa. Bikin aja mailing list baru (seperti [EMAIL PROTECTED], lupa siapa yang ngusulin) dan minta list members yang sekarang ada di PERMIAS@. Nah masukin deh list tersebut ke tempat yang baru. Mereka yang nggak mau ikutan ke list yang baru, bisa sign off. Lalu dibikin jelas deh tujuan di bukanya mailing list yang baru (i.e. untuk umum, bebas dan nggak ada selection). nungguin di bukanya mailing list yang baru, igg On Thu, 17 Jun 1999, Andrew G. Pattiwael wrote: > Kalau memang benar Milist Permias akan tertutup bagi Mahasiswa Non-US, > dan bagi yang bukan Mahasiswa, Mendingan walk out dari sini, Tidak ada > lagi namanya Kebebasan mengeluarkan pendapat (yg tercantum dalam UUD 1945) > dan Permias sudah mulai menerapkan sistim DISKRIMINASI disini. > Salam Permias > > Demokrasi Mengeluarkan Pendapat dan Tanpa Diskriminasi > > > Andrew Pattiwael > Box 618 > Norwich University > Northfield, VT 05663 > > > > > > On Thu, 17 Jun 1999, Frarev Sitorus wrote: > > > oww... > > Apa benar permias akan ditutup bagi mahasiswa di INA dan > > nio-mahasiswa? > > Kalau memang benar...sebelumnya terima kasih kepada teman-teman permias. > > Diskusi di permias sangat baik. itu aja. > > > > jabat erat > > >
