On Mon, Feb 21, 2005 at 01:44:30PM +0700, adi wrote:

> ini karena anda set 'defer_transport', check main.cf.

yup, benar.

> ini karena smtp server (dengan alasan yang mungkin absurd) memberikan
> auth list mechanisms yang berbeda. misalnya sewaktu issue EHLO,
> server menjawab seperti ini:
> 250-AUTH LOGIN
> 250-AUTH=LOGIN CRAM-MD5
>
> kalau anda client, apakah anda menggunakan CRAM-MD5/LOGIN?

yang saya tahu cuma ini saja
  /etc/postfix/main.cf:
    smtp_sasl_auth_enable = yes
    smtp_sasl_password_maps = hash:/etc/postfix/sasl_password

jadi saya tidak tahu postfix ini model auth-nya tipe apa ke relay host.

BTW, seting di atas itu saya peroleh dr Pak Adi dulu sewaktu saya
berpikir-pikir mau migrasi ke postfix, qmail sudah saya lepas.

> note: kalau anda dapat warning message spt itu, artinya session
> anda tidak menggunakan smtp auth, dengan kata lain, smtp client
> postfix tidak akan menggunakan option AUTH sewaktu connect ke
> server.
>
> workaround untuk ini, barangkali, anda bisa memaksa postfix untuk
> menggunakan mekanisme 'LOGIN' saja, misalnya dengan:
>
> smtp_sasl_mechanism_filter = LOGIN

Baiklah nanti akan saya coba.

> saya kurang tahu pasti efeknya, lagi capek kalau harus digging
> source code :-) anyway, cara paling ampuh membuktikan ya dengan
> mencoba langsung. in any case, silakan mengkontak provider anda
> biar tidak usah neko-neko :-)

FYI, mail server gateway atau relay host pakai mdaemon,
kami hosting ke mail hosting provider dutaint (promosi nih).

> nah .. ini yang agak kurang konsisten, mestinya kalau tidak authenticated,
> message akan direject, kecuali ip address anda masuk ke whitelist atau

Tidak mungkin bisa whitelist, lah wong ipnya dinamik terus karena pakai
dialup koneksinya.

> anda pakai juga mekanisme lain untuk bisa merelay lewat smtp server
> tsb. (misal pakai popb4smtp), atau prosedur lain. dunno.

Terimakasih atas tanggapannya.
Selama ini koneksi ke relay host lancar-lancar, saya cuma iseng-iseng ubah
parameter relayhost dr tipe hostname menjadi ip number.

TIA

~yudi