On Wed, Feb 23, 2005 at 12:49:12AM +0700, adi wrote:

> ups.. interpretasi saya salah. sorry. postfix akan ignore mechanism
> list yang pertama, dan pakai berikutnya. bukannya tidak pakai smtp
> auth sama sekali.
>
> btw, saya jadi tidak melihat ada masalah di sisi anda :-)

Memang sebenarnya tidak ada masalah sebelumnya, saya cuma mau iseng
saja ganti parameter relayhost di postfix/main.cf dari semula
hostname menjadi ip address, maksudnya biar postfix tidak perlu
query ke dns server, tapi malahan email gagal terkirim.

Alternatif lain agar query dns cepat adalah masukkan ip address
relayhost di /etc/hosts dan/atau install dns cache dr djbdns :-) ...
Saya sudah pakai ini dan mantap euy ...
Di sini ada 2 server percobaan:
  1. Redhat 9 pakai named termasuk dns caching
  2. Redhat 9 pakai djbdns termasuk dnscache & tinydns

Koneksi keluar pakai dialup ke isp.
Saat konek ke internet, saya query dr kedua server di atas, hostname
berikut pakai command 'host -t any hostname':
  - www.yahoo.com
  - www.kompas.co.id
  - www.telkom.net
  - www.hotmail.com

Kemudian saya putuskan koneksi internet, kemudian saya query lagi
hostname di atas. Hasilnya adalah :
  1. Djbdns menjawab semua query tanpa timeout
  2. Dns caching dr named menjawab beberapa query dg timeout

Terimakasih.

Salam,

~yudi