Bang Sang (untung nick-nya bukan Sat), :-)

Kelihatannya dalam benak kebanyakan orang, filsafat(?) adalah
berpikir yang njlimet dan 'nyeleneh'.. nyusah"in aja.. :-)
Meskipun kondisi tersebut tidak mustahil karena memang bangsa kita
diarahkan untuk tidak berpikir dengan 'keras' (hard thinking)..
cukup yang dangkal" saja, misalnya..

Alasan paling mungkin adalah ada pihak (asing?) yang berkepentingan
membuat Indonesia mudah dikuasai.. Atau minimal lajunya diperlambat.
Hasilnya bisa dilihat, saat ini Indonesia amat bergantung pada
suatu kekuatan di dunia (dari ekonomi bahkan sampai hankam)..

Rakyat/masyarakat kebanyakan dibuat tidak tercerahkan..
Agar mudah digiring pada suatu isu sewaktu diperlukan..
Ya, ekstrimnya 'Pejah gesang nderek PEMIMPIN'
(Hidup mati ikut sang pemimpin atau Pokoknya sekali si-X tetap si-X
apapun perbuatan dan latar belakangnya)..

Jadi, yang bisa sukses adalah mereka yang paling banyak punya
pendukung dalam domain (pemikiran) 'pejah gesang' ini..
Rekan" yang belajar ilmu politik (moderator?) _pasti_ lebih paham
soal ini.. Maaf klo dianggap 'sok ngoceh'.. Hehehe..

Belakangan ini kita sudah melihat atmosfir globalisasi atau dalam
banyak hal merupakan amerakinasi. Kalau kita sedikit perhatikan
sejarah,  pelambatan pencerahan masyarakat ini sangat mungkin
merupakan imbas dari lahirnya ORBA. Keterlibatan kepentingan asing
amat sulit diabaikan. Hal ini dapat 'dicium' dari sinyalemen dalam
artikel 'Republik Kapling'..

Meskipun tentu saja hal semacam ini AMAT SULIT DIBUKTIKAN
DI PERMUKAAN!!  Bahkan oleh para sejarawan (dan aparat terkait)
sekalipun karena semua itu dilakukan mengikuti atau mengarahkan
aturan 'legal formal' agar tidak mudah dicap sebagai upaya
merugikan negara..

----
Bang FB (inisialnya mirip dengan Fuad Bawadzier atau Faisal Basri),

Kalau filsafat hanya dipahami sebagai filsafat Pancasila, ya wajar aja
kalau banyak yang jadi 'benci' dengan filsafat.. :-P
AFAIK, filsafat itu mengajarkan agar seseorang dapat berpikir dalam
menyikapi sesuatu ('afala ta'qiluun, 'afala yatafakkaruun)..
Jadi tidak hanya menggunakan emosi atau ketaatan semata..

Contoh paling sederhana, lihat saja lambang 'filsuf' yang sedang berpikir.
CMIIW, katanya lagi salah satu ciri dari orang yang berfilsafat adalah
mereka yang senang berpikir dialektika (ada proses diskusi internal)..

Sayangnya, dalam sejarahnya filsafat sering disalah artikan sebagai
sesuatu yang 'nyeleneh'.. Bahkan dalam banyak kasus, pelakunya
'harus dihukum mati'.. karena dianggap membahayakan pemikiran
'mainstream'.. Ingat sejarah keilmuan di eropa (berkaitan dgn gereja?)..

Kenyataannya, ada cabang filsafat tentang agama dan umum..
AFAIK filsafat agama ini sendiri amat penting dalam membentuk pribadi
yang pemahamannya lebih terasah.. sehingga apa yang dikenal dengan
pemeluk agama karena 'keturunan' (dan tidak/kurang memahami
agamanya) atau yang gemar 'memberi cap' pada pihak lain dapat
diminimalisir.. Ya, semacam pelengkap-lah..

Ada komentar/tambahan lain? FYI, ini cuma sekedar opini dari seorang
anggota masyarakat biasa yang gak begitu mengenal apa itu filsafat..
Apaan tuh.. :D

Wassalam,

Irwan.K

YangTidakMempelajarFilsafatSecaraKhusus
NamunDalamBeberapaHalGemarBerdiskusiDenganDiriSendiriMaupunOrangLain
KenapaBeginiKenapaBegitu

=======
--- In ppiindia@yahoogroups.com, farid bajber <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Filsafat ???. Ketika masih di sekolah menengah (tentunya masih era
Orba), saya paling benci pelajaran Filsafat Pancasila. Mata pelajaran
itu kemudian dikenal dengan PMP yang kesemuanya merupakan siasat busuk
guna mempertahankan kekuasaan. Saya kira bangsa Indonesia lebih
memerlukan pemimpin yang ikhlas tanpa pretensi dan kehendak memperkaya
diri dan keluarganya.

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM