Memang penerjemahan kitab suci itu berat tanggung jawabnya. Mungkin
karena itu lah kita tidak dibolehkan sholat dengan bahasa masing2.
Mungkin karena itulah membaca AlQur'an sahaja, sdh ada ganjaran,
mempelajari dengan arti, ganjarannya lebih lagi, mengetahui
tafsirnya lebih lagi ganjarannya.

Membaca ayat-ayat AlQur'an yang berbahasa arab, meski kita gak tau
artinya, tapi karena kita yakin bhw AlQur'an adalah kebenaran,
berharap bahwa makna ayat2 AlQur'an itu dapat menembus relung hati
kita...itu saja sangat bermanfaat.

Waktu saya ikut kursus penerjemahan, saya pernah tanyakan tentang
penerjemahan Lamb of God (Domba Allah) menjadi Pig of God di dalam
kitab Injil di Papua itu. Ini memang butuh knowledge tentang budaya
bahasa asal dan budaya bahasa target.

Tapi kalau sampai di kitab suci asal cuma ada 8 ayat..lalu di kitab
suci kemudian menjadi 12 ayat..dan Penulisnya juga dah jelas gak mau
nambahin, tapi dipaksa...ini kan bukan masalah penerjemahan....ini
masalah jahil.

Intinya sih, terserah orang mau ngutak-ngutik arti dan tafsir suatu
kitab suci asal orang tersebut mumpuni (punya ilmunya), tapi bagi yg
awam yang wajib dibaca tetep yang asli sambil memohon mendapatkan
makna dari bacaan tsb kedalam hati kita. Jadi biarlah Allah yang
menjadi Penerjemah buat diri kita masing-masing dalam membaca
AlQur'an.

wassalam,

--- In ppiindia@yahoogroups.com, Mas Bagong <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>  Kalau orang republik baca tulisan orang males-iya ya bisa berbeda
> jauh, soalnya melayu males-iya memang berbeda dengan melayu
> republik...
> Coba lihat lagi ayat sebelumnya sebelum melangkah ke ayat ini...
> mungkin bisa diketahui maknanya...
> DG

berpengetahuan luas
tercemahan. Apakah

Johanneum

l=ind&t=ind&nType=1&nSora=16&nAya=68

l=ind&t=mal&nType=1&nSora=16&nAya=68

l=ind&t=eng&nType=1&nSora=16&nAya=68

******
Indonesia

******

_____

******
Indonesia yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi-
india.org

******

_____

What would our lives be like without music, dance, and theater?
Donate or volunteer in the arts today at Network for Good!
http://us.click.yahoo.com/MCfFmA/SOnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM