mbak Carla,  kok bertentangan dengan penjelasan mang Ucup,
mungkin mang Ucup beda aliran  kali   ....

dalam Injil cuma mengenal Hukum Musa (10 perintah Allah) dan Hukum Kasih
(Kasihilah Tuhan Allah mu dan Kasihilah sesamamu)

puasa 40 hari sebenarnya wajib dilakukan dalam setiap tahun, Kristus
sendiri berpuasa 40 hari sehingga sudah seharusnya umat kristen juga
melakukan puasa. di gereja2 juga sering diadakan puasa 40 hari, cuma
mungkin gak sounding aja...dan waktu mulai puasa disetiap gereja berbeda2..

             "RM Danardono
             HADINOTO"
             <[EMAIL PROTECTED]                                          To
             oo.de>                    ppiindia@yahoogroups.com
             Sent by:                                                   cc
             [EMAIL PROTECTED]
             ups.com                                               Subject
                                       [ppiindia] Re: Apakah orang Kristen
                                       wajib puasa?
             10/06/2005 03:35
             PM

             Please respond to
             [EMAIL PROTECTED]
                  ups.com

Kalau tak salah, ada hukum gereja bagi umat Katholik, yang bernama
Codex Iuris Canonicii, disingkat CIC.

Hukum yang utama adalah Sepuluh Perintah Allah, yang dikumandangkan
Musa.

Mungkin kata "kewajiban" layak diganti dengan "panggilan", sebab
puasa hanya karena wajib, tak dikenal disini, namun sebagai panggilan
untuk mangudi luhur.

Bagaimana mang Ucup?

Dampak peraturan bagi umat masing masing ya kita lihat dilapangan.
walau kewajiban dsibungkus rapi, dinamakan syariat, namun bangsa ini
tetap amburadul. Di negara negara yang mature seperti misalnya,
Skandinavia, kewajiban dan aturan agama mungkin lebih tersirat
daripada tersurat, namun dampak pelaksanaannya huuebatt sekali.

Salam

danardono

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> [...]
> karena tidak kenal hukum2 tsb, umat Kristen tidak kena hukum wajib
> puasa.
>
> Hukum secara jelas dan tegas memang baru diajarkan kpd manusia
> setelah Islam datang.
>
> Seseorang akan kena kewajiban melaksanakan peraturan (hukum) bila
ia
> telah sepakat or menyetujui suatu kontrak (sosial).
>
> Salah satu sarana untuk memperbaiki moral adalah dengan penegakan
> hukum. Itu ajaran yang universal.
>
> Belajar adalah suatu paksaan. Puasa juga suatu pembelajaran.
Paksaan
> yang menyenangkan.

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research
Hospital.
http://us.click.yahoo.com/ons1pC/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM

1.2 million kids a year are victims of human trafficking. Stop slavery.
http://us.click.yahoo.com/X3SVTD/izNLAA/E2hLAA/BRUplB/TM

Disclaimer :
- This email and any file transmitted with it are confidential and
are intended solely for the use of the individual or entity whom
they are addressed, if you are not the original recipient, please
delete it from your system.
- Any views or opinions expressed in this email are those of the
author only.