Privatisasi pendidikan sangat berbahaya. Kenyataan
yang ada telah mengakibatkan naiknya uang masuk di PTN
di Indonesia hingga Rp 25 juta-rp 150 juta.

--- ndah maldiniwati <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> apa anda punya solusi untuk tidak menjadikan org yg
> bekerja
> dipendidikan itu antek AS/WTO?Kapitalis.  Cukup
> berikan solusinya!!

Saya tidak menyatakan semua orang yang bekerja di
pendidikan antek AS/WTO/Kapitalis. Sebagian pendidik
seperti Revrisond Baswir, dll justru menolak
privatisasi kampus.

Untuk tidak jadi antek itu adalah pilihan. Kalau masih
punya nurani pasti menolak.

> Dan jika anda menolak tunjukkan sikap anda dalam
> mengkritisi RUU BHP
> agar tidak menjadi UU.  jangan hanya menstempel
> jidat org seenaknya.

Dengan menulis penolakan ini adalah satu sikap.
Ketimbang menulis pembelaan...:)

> Pendidikan memang mahal, dosen, guru & staf
> pendidikan perlu digaji,
> lstrik, komputer, alat lab, buku, semuanya harus
> beli.  Seharusnya
> pendidikan memang tanggungjawab pemerintah, tp jika
> pemerintah MERASA
> MISKIN untuk membantu yg miskin, harus sperti apa
> institusi pendidikan
> berjuang menyelenggarakan pendidikan?? jawaban
> singkat yg banyak
> diambil: Naikkan SPP, bebankan biaya pendidikan
> semuanya ke mahasiswa/
> plajar!!  dan sekali lg saya bilng: inilah kebodohan
> [...]

Menurut saya wajar jika para pendidik akhirnya
menaikan SPP jika pemerintah enggan membantu dan
memprivatisasi PT. Dalam bisnis yang dipikirkan adalah
keuntungan. Bukan sedekah.

Yang bodoh adalah pihak yang berusaha memprivatisasi
PT. Mereka menyuruh para pendidik berbisnis mencari
uang guna menghidupi PT. Padahal seharusnya tugas
mereka adalah mendidik siswanya. Jangankan pendidik.
Perusahaan besar dan berpengalaman macam Salim Group,
Ciputra, Lippo Group, Bakrie Group saja bisa merugi
dan berhutang trilyunan rupiah kepada negara, apalagi
para pendidik jika disuruh berbisnis.

PT terkemuka macam UI, ITB, dan UGM saja menjelang
privatisasi menaikan uang masuk PT jadi sekitar rp
25-150 juta. Bagaimana mungkin orang menengah bawah
yang pintar bisa masuk ke situ?

Jelas privatisasi PT adalah proses pembodohan bangsa.
Oleh karena itu harus dilawan.

Anggaran pendidikan APBN 2006 ada Rp 43,3 trilyun(1).
Seandainya jumlah siswa ada 60 juta, separuhnya
bersekolah di sekolah negeri (sisa sekolah swasta
macam Trisakti, UKI, Gunadarma, dsb), maka pemerintah
cukup membiayai 30 juta siswa. Artinya setiap siswa
bisa dapat beasiswa lebih dari 1,4 juta rupiah/tahun
atau rp 120 ribu/bulan.

Nah jika 1 kelas ada 40 siswa, maka didapat rp 4,8
juta/bulan. Itu sudah cukup untuk bayar gaji guru yang
paling hanya rp 2 juta/bulan.

Untuk komputer? Misalkan 1 sekolah punya 12 kelas.
Tiap kelas punya 40 murid. Artinya 1 sekolah punya 480
murid. Harga 20 komputer @ rp 4 juta hanya rp 80 juta.
Bisa dipakai selama 4 tahun, artinya per tahun cukup
Rp 20 juta. Rp 20 juta dibagi 480 murid = rp
41.667/tahun/murid atau Rp 3.472 per bulan. Ketutup
kan?

RAPBN 2007 diperkirakan sekitar Rp 700 trilyun. Jika
anggaran pendidikan 10% saja, maka akan ada uang
sebesar Rp 70 trilyun per tahun untuk menutupi biaya
pendidikan. Ini masih lebih kecil ketimbang cicilan
hutang sebesar Rp 170 trilyun/tahun yang harus
dibayarkan ke CS-nya WTO=IMF dan World Bank.

Selama 50 tahun lebih pemerintah Indonesia bisa
menyediakan pendidikan yang murah bagi warganya.
Sebelum lengser Soeharto, iuran di UI hanya Rp 200
ribu/semester. Di India juga bisa murah.

Jadi pendidikan kalau mau dibikin murah bisa, kalau
dibuat mahal/dibisniskan juga bisa.

Privatisasi Pendidikan adalah salah satu agenda
Privatisasi WHO yang hanya memeras rakyat dan
menguntungkan segelintir pemilik modal (2).

(1) Harian SIB
(http://www.hariansib.com/index.php?option=com_content&task=view&id=11508&Itemid=36)
(2) Walhi - Privatisasi Air
http://www.walhi.or.id/kampanye/air/privatisasi/priv_air/

http://education.guardian.co.uk/universityguide2005/0,,

http://www.asiaweek.com/asiaweek/features/universities2000/

http://www.imhere-dikti.net/imhere_files/downloads/BAB-II.

> *****

> ____

> SARA
> kecuali yg

> *****

> ____

> SARA
> yg

> [EMAIL PROTECTED]

> protection around

===
Ingin belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits?
Kirim email ke: [EMAIL PROTECTED]
http://www.media-islam.or.id

http://mail.yahoo.com

<*> Your email settings: