http://politik.vivanews.com/news/read/99050-_sulit_buktikan_kalau_saya_tak_jual_virus_
"Sulit Buktikan Kalau Saya Jual Virus"
Siti meragukan nasionalisme Endang karena pernah secara diam-diam membawa virus
H5N1.
Kamis, 22 Oktober 2009, 09:24 WIB
Umi Kalsum, Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari terang-terangan mengungkapkan
perilaku Endang Rahayu Sedyaningsih. Siti meragukan nasionalisme Endang karena
pernah secara diam-diam membawa virus H5N1 ke luar negeri. Padahal Indonesia
sudah memperjuangkan soal virus sharing dan disetujui dalam sidang WHO.

Akibat perilakunya itu, Siti kemudian memutasi Endang dan menurunkan jabatannya
menjadi peneliti biasa. Soal ini Endang membantahnya.

"Tidak benar. Memang sulit membuktikan kita benar. Kalau waktu itu saya
dimutasi, saya terima. Kalau saya dimutasi ya saya ikuti, tidak masalah," kata
Endang di rumahnya, Kompleks IKIP, Duren Tiga, Jakarta, Kamis 22 Oktober 2009.

Suami Endang, MJN Mamahit, juga mengaku sering mendengar selentingan itu di
tempat kerjanya. Mamahit yang juga dokter di RS Tangerang mengabaikan
suara-suara sumbang itu. "Saya biasa saja, itu tidak masalah tidak benar," kata
dia.

Soal kedekatannya dengan Namru-2, laboratorium milik Angkatan Laut AS, Endang
mengakui dia memang memiliki kedekatan, tapi tidak hanya dengan
peneliti-peneliti Amerika Serikat saja. "Juga dengan teman-teman Jepang,
Belanda. Saya tidak mengelak kalau dikatakan dekat dengan Namru. Kalau saya
dekat dengan Ibu (Siti Fadilah), nanti dikira sombong," katanya.

Soal pesan Siti agar rasa nasionalismenya ditingkatkan, Endang hanya menjawab
singkat. "Ya aminlah," kata dia.
• VIVAnews
===
Media Islam - Belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits
http://media-islam.or.id

      Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih
cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis.
Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/

Kirim email ke