Kebiasaan mengakui kesalahan dan meminta maaf dengan tulus dan
    khusuk atas kesalahan itu lebih tumbuh dikalangan Nasrani..

    Ambil contoh gereja katolik...

    Mendiang Paus Johannes Paulus mengakui kesalahan-kesalahan yang
    pernah dilakukan oleh gereja katolik selama 2000 tahun yang
    lalu...

    Perang Salib, Inkuisisi....

    Peserta-peserta berbagai mailing list yang saya ikut  yang suka
    bergegas mengakui kesalahannnya dan minta maaf atas
    kesalahannnya itu lazimnya adalah orang Nasrani.

    Orang Islam tidak lazim mengakui kesalahannnya dan bergegas
    minta maaf atas kesalahannya itu.

On 26 Nov 2005, at 1:17, jj_isfandyar wrote:

> [...]
> misalnya, maka dalam hal ini HNW WAJIB DAN HARUS meminta maaf dan
> dibawa ke meja hijau karena tuduhan itu MENGARAH ke obyek hukum
> (person atau oraganisasi), bila ternyata tuduhan HNW itu keliru.
>
> [cut]
>

> (end of quote)
>

> =====
>
> kalau saya tidak salah tangkap, menurut anda, orang meminta maaf itu:
>
> (1) orang meminta maaf kalau merasa bersalah
> (2) orang yang diminta-maafi itu jelas keberadaannya secara hukum
>
> ... begitu ya? kalau nurut saya itu begini. omongan HNW itu sudah jelas
uduh orang atheis pelaku pemboman, ternyata terbukti bukan mereka. omongannya
ya SALAH. salah ya sa
lah, mau diputer gimana juga.

> lalu, kalau memang tingkat intelektualitas beliau memang seperti yang anda
> tulis di atas (menalar
 dalam konteks agama, sehingga atheis di otaknya = mereka2 yg kontra moral),
yah apa boleh buat, HN
W memang tidak akan pernah merasa bersalah. namun menurut saya, kalau demikian
sudah dapat disimpul
kan 2 hal:

> (1) beliau tidak dapat mengakui fakta lapangan bahwa omongan beliau sudah
> salah
> (2) tingkat intelektualitas dan wawasan beliau sebagai pemimpin lembaga
> negara indonesia ternyata
 masih sempit (katak dalam tempurung, kacamata kuda, you name it)

> kemudian, masalah eksistensi objek yang dimintai maaf secara hukum ... hmmm
> ... dari mana itu? ko
k masalah minta maaf ini mau masuk masalah legal. kenapa nggak sekalian saja
HNW nuduh iblis setan
jin merkayangan yang melakukannya? :) he he he ... wah, bagaimana ini.
eksistensi atheis itu adalah
 realitas manusiawi. tuh, sudah ada atheis yang nuntut HNW minta maaf (di awal
thread), artinya mer
eka itu eksis. dan tuntutannya tidak lewat meja hijau kan?

> kalau menurut saya, baiknya keluarkan pernyataan gini: omongan HNW adalah
> semata-mata opini belia
u pribadi dan bukan pendapat lembaga MPR/DPR. lalu kalau HNW itu down-to-earth
dan macho, secara pe
rsonal buatlah statement ralat dan memohon maaf jika ada pihak yang tersinggung
atas statement sebe
lumnya.

> salam,
>
> p.s. saya lebih hormat pada orang yang mengetahui dirinya salah dan memohon
> maaf (rasanya pernah
baca tulisan ini :) ) dan saat ini, rasa hormat saya pada HNW dan lembaga yang
beliau pimpin sudah
mau masuk tong sampah.

http://forums.apakabar.ws

> IKLAN:
> 99% iklan pasti TIDAK akan lolos - percuma dikirm
>
> Iklan bisa juga dimuat di apakabar.ws tapi harus yang disetujui moderator,
> bukan sebarang iklan -
 biaya iklan dibayarkan ke BSA

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/uTGrlB/TM