Memang, alquran itu referensi, acuan. Tepatnya, salahsatu
referensi - bukan satu-satunya referensi. Dan Islam, ini yang
sering orang lupa, membuka seluas-luasnya kesempatan untuk
berbeda pendapat maupun berembug jika ada hal-hal yang belum /
tidak dibahas secara rinci di dalam alquran.

Karena itu sebaiknya berhati-hati untuk menyebut alquran itu sempurna. Sebab,
para cengkokek macam uplik, bleki, geboy,
tololnian, kumiswati dsk bakal sigap memelintir 'sempurna' itu
menjadi 'lengkap'. Lalu tanpa malu mereka pun pamer ketololan
sambil terbahak-bahak lantaran alquran kata mereka tidak memuat
dalil pitagoras, "hukum" aritmetika, sampai cara membuat kondom
dlsb.

Enggaklah, alquran nggak perlu nyinyir detil sebawel itu.
Islam & alquran lebih banyak bicara prinsip daripada teknis.

Menjadikan alquran sebagai satu-satunya referensi jelas menyalahi
prinsip Islam dalam menghargai perbedaan / berembug mencari jalan
keluar. Salah-salah jatuhnya bisa mengkultuskan itu buku, sirik.

Jadi, kalau ada yang bilang alquran tidak sempurna karena nggak lengkap, nggak
ada cara bikin bom, ya biar aja. Toh kesempurnaan
alquran ada di kedudukannya sebagai penyempurna ajaran-ajaran
sebelumnya.

Sekedar contoh, puasa 40 hari 40 malam nonstop di ajaran sebelumnya
sudah terbukti bikin geboy, bleki, tololnian, dan tak asing lagi:
dapit, ngamuk kalangkabut. Islam menyempurnakannya menjadi cukup
seperedaran bulan (29-30 hari) lengkap dengan acara sahur &
breakfastnya.

Sebelumnya, boleh saja anak meniduri bapak atau ibu meniduri anak
sendiri. Islam menyempurnakan perkara syahwat itu dengan melarang incest,
karena Islam juga bicara tentang tata-masyarakat hingga
waris. Apa jadinya masyarakat manusia jika setiap anggotanya adalah
anak sekaligus bapak / ibu dari cucunya sendiri.

Menjadikan sesuatu sebagai satu-satunya referensi nggak akan
membuat hidup jadi mudah. Apalagi membiarkan diri terjepit
di antara referensi yang berlawanan, padahal yang satu lebih
sempurna dan lainnya sudah runtuh lantaran kesempurnaannya tidak
bisa lagi dipertahankan dengan akal sehat.