Assalamualaikum.Wr.Wb.

Bundo-bundo,Ayahanda2 ,Uni2,adiak-adiak di Palanta RN.

Semoga kesehatan dan kesejahteraan selalu melindungi
kita semua.Amin Yrbl.

Di sini kami mengucapkan terimakasih atas segala do'a
,dan perhatian netter semua atas kondisi saya akhir2
ini.
Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT dan do'a dari
semua netter kondisi kesehatan saya semakin pulih,dan
telah melewati masa-masa krisis.

Masa-masa krisis yang saya maksudkan,selama ini saya
menjaga dengan sangat ketatnya,agar bayi tidak lahir
premature,dan saya tidak begitu mengalami hal yang
cukup fatal.

Selain rahmat dan karunia dari Allah SWT,juga do'a
semua,usaha yang maksimal sudah kami lakukan.Pertama
saya istrirahat total, , benar-benar di rumah di atas
kasur,kecuali turun dalam hal yang penting-penting
saja.

 Kedua,anjuran-anjuran dari dokter kami laksanakan
dengan baik,seperti ngak boleh kerja sama sekali,makan
yang bisa menambah kapasitas butir-butir darah
merah,serta obat-obatan beserta tak luput suntikan-
suntikan penambah butir-butir darah merah
tersebut.Juga obat untuk penahan sakit bekas operasi 5
tahun yang silam,karena semakin membesar,bekas
jahitannyapun semakin sakit juga,maka perlu di beri
obat penahan sakit itu,dan setelah kami
tanyakan,apakah obat ini berpengaruh pada janin yang
di kandung,dokter menjelaskan sama sekali tidak ada
pengaruhnya.,.Semua itu cukup membantu sekali.

Begitupun larangan-larangan berupa minum teh,di larang
sama sekali,karena teh ini menurut keterangan dokter ,
dapat memblokir zat-zat makanan yang telah saya
makan.Biasanya saya minum teh itu 3 kali
sehari.Pagi,karena menghilangkan rasa mual,sebelum
beranjak dari tempat tidur.Siang,karena terasa pusing
sekali,begitupun sore hari.Tapi ternyata semua itu di
larang meminumnya.

Ada hal-hal yang juga cukup membantu penyembuhan
penyakit dan keletihan dari kehamilan saya kali
ini,yaitu, setiap hari,sekali,atau terkadang dua kali
sehari saya mandi seluruh tubuh  berendam di air
hangat,di taburi garam.( tapi dengan garam ini hanya
satu kali dua hari,sementara air panas setiap
hari,padahal cuaca di kairo saat ini sangatlah
panasnya,baru saja awal musim panas sudah mencapai
40-43 derajat,bagaimana kelak di bulan agustus,tidak
dapat saya bayangkan panasnya ).

Oh yah,mengenai siapa yang membantu pekerjaan rumah
dan menjaga anak-anak kami di rumah yang masih sangat
kecil-kecilnya juga berjarak rapat ( 2 thn ),siapa
yang membantu ?.

Hmmm,..di Kairo itu jelas,kita yang local staff,sulit
untuk mencari pembantu dari Negara manapun,karena kita
tidak boleh menyimpan TKW illegal.Khawatir akan
menimbulkan masalah besar dengan pemerintahan Mesir
kelaknya.Bukan tidak ada di kairo ini berkeliaran
TKW,cukup banyak,tapi rata-rata mereka Illegal.Dan
kita tidak mau bikin masalah.

Tapi untuk membersihkan dapur,kamar mandi,cuci karpet
dan bersihkan seluruh ruangan,ada seminggu sekali
orang Mesir datang kerumah.biasanya kita kasih duit
untuk sehari itu selama lebih kurang 6-7 jam,sekitar
Rp 60- 70 .000.Bahkan kita sering
melebihkannya,sekalian beribadah.kasihan,tenaga orang
kita pakai,kita harus juga memperhatikan
kesejahteraannya juga.Jadi dalam sebulan kita bisa 4
kali / hari selama setengah hari dalam sehari itu.Kita
memang bayar mahal,tapi semua itu ibadah juga,kita
merasa di bantu,dan iapun merasa kita bantu juga.

Beda sekali dengan pembantu di Indonesia,terkadang
saya kasihan sekali,mereka kerja selama sebulan
penuh,namun gajinya,kalau saya perhatikan sedikit
sekali.

Tapi memang  begitu adanya standar gaji pembantu di
Indonesia kali.Kasihan juga,mo di bilang apa
lagi,mudah-mudahan kelak kita semua dapat dan gampang
beribadah dan berinfak dengan orang yang bekerja
dengan kita.karena justru orang-orang semacam itulah
sebenarnya yang lebih pantas kita tolong.Mereka mau
bekerja.

Jangankan TKW,..saudara kandung sendiripun sulit di
bawa ke Mesir,karena izin tinggalnya sangat sulit
sekali,kecuali untuk sekedar turis,sebulan saja.Tidak
mungkinkan kita membiayai dana sebesar itu untuk
ongkos dan segala macamnya,kalau hanya di pakai
sebulan saja ?

Dan kesulitan punya pembantu ini juga di rasakan oleh
teman-teman saya yang lain,Itu sebabnya hampir semua
teman-teman saya di kairo itu,tidak
berpembantu,kecuali diplomat Negara yang mereka
berdomisili di kairo hanya tiga tahun saja.kebanyakan
mereka minta tolong pada mahasiswa Al Azhar,kalau
perlu apa-apa.

Dan kami sekeluarga juga kalau keadaan darurat sekali
baru minta tolong pada mereka,kalau tidak sangatlah
segannya menyusahkan mahasiswa yang sedang belajar
itu,apalagi kebetulan mereka lagi ujian.Kasihan
mereka.Itu sebabnya semua kesulitan dan pekerjaan RT
kami,kami tanggulangi sendiri.Alias mandiri.

Seperti kondisi saya semenjak awal2 hamil.Kalau saya
sakit begini,ngak bisa kerja apa- apa sama sekali,yang
mengambil alih tugas memasak,membersihkan rumah,cuci
piring,cuci jelas mesin cuci,menggosok,saya masih
bisa,karena sambil duduk dan menonton tv, dan
sebagainya itu,jelas suami saya sendiri.

Sebelum berangkat kerja,beliau siapin sarapan juga
masak buat yang saya makan siang kelak,sampai beliau
pulang kantor.kalau beliau ngak sempat,kita bisa pesan
makanan dari kedai,atau toko baik masakan Mesir,atau
masakan Indonesia ( Padang ),Malaysia,Thailand dan
sebagainya,cukup banyak di Mesir itu.

Mengenai anak-anak kami,alhamdulillah mereka semua
sudah bisa mandiri.Bisa mandi sendiri,pakaian,cari
makanan sendiri di dapur,bahkan sudah bisa membantu
ortu mereka di dapur,atau pekerjaan rumah lainnya.(
mereka berumur mau masuk 6-8-10 thn ).

Mereka cukup pengertian sekali pada ortunya,tak jarang
mereka secara diam-diam,kalau saya lagi tidur ,mereka
cuci piring dan masak nasi,bersihkan rumah sendiri.hal
ini membuat saya kasihan,makanya saya selalu
katakan,biar mama dan baba saja dulu yang
membereskannya,mereka main,atau belajar aja dulu,tapi
apa mau di kata,tangan dan kaki mereka itu yang tak
mau diam.

Untuk belanja yang kurang-kurangpun apakah itu
sayuran,atau makanan lainnya anak saya yang
besar,perempuan sudah mampu pergi membeli semua
itu.Anak kami yang perempuan  ini cukup
baik,patuh,pengertian, dan penyayang pada ortu,serta
otaknya cerdas,terutama dalam hal agama.Jadi masalah
pekerjaan rumah dan anak-anak,kami tidak begitu
mengalami masalah.

Sementara,kenapa koq sebegitu dekat jarak antara anak
kami yang satu dengan yang lainnya ? apakah kami tidak
pasang alat kontrasepsi untuk pencegah kehamilan,biar
anak itu berjarak jauh ?.

Wah…semua itu sudah kita jalankan,bahkan tak jarang
kita terpaksa menahan untuk berhubungan intim sampai
sebulan dua bulan sekali,karena untuk menjaga
kehamilan itu.Namun apa kata,Manusia bisanya hanya
berencana,namun tetap keputusan di tangan Allah jua.

Seperti kehamilan yang terakhir ini,saya baru lepas
spiral,setelah 5 thn pakai,rencananya akan dig anti
dengan spiral yang baru.Belum sempat diganti,langsung
hamil,tapi keguguran bulan july kemaren.Dan rencananya
akan dig anti setelah darah berhenti.namun cukup lama
juga darah berhenti,hampir dua bulan lamanya,seperti
nifas saja.Bersih selama seminggu,kemudian saya haid
lagi.

Rencana akan pasang spiral setelah haid,tapi di
karenakan akan masuk bulan Ramadhan,dan kami yakin
,selama bulan Ramadhan,jelas,kesibukan kami sangat
menyita waktu untuk melakukan hubungan akrab itu,kecil
kemungkinannya,pulang dari mesjid aja sudah jam 11
malam,langsung tidur,sahur dan subuh,jelas ngak ada
pikiran kearah sana.Sampai beberapa hari lebaranpun
kita masih bisa menahan untuk hal yang satu itu.

Boleh dikatakan hampir dua bulan kita tidak
melakukannya,kecuali memang pernah satu kali,sebelum
masuk bulan ramadhan kita melakukan hubungan intim
itu,dan itupun demi menjaga kehamilan juga,sperma kita
keluarkan.( Jadi anak yang jadi saat ini,benar-benar
selama dua bulan,kita lakukan satu kali saja,dan
itupun sudah  di keluarkan , kita merasa yakin tidak
hamil,namun Allah berkata lain : " Kun,.jadi..! maka
jadilah ia ".

Dan saya tak menyangka sama sekali,biasanya orang
habis keguguran,atau  sehabis melahirkan dan  dalam
keadaan menyusui,kecil kemungkinan untuk hamil,apalagi
kalau sudah dijaga sekali dengan memakai kalender,di
ajl ( sperma di keluarkan ), spiral,suntikan dan
lainnya itu.Tapi rupanya hal ini tidak berlaku pada
saya.Tetap juga saya hamil.

Hamilnya memang gampang,karena mungkin termasuk wanita
subur kali,tetapi untuk merawat kehamilan dan juga
saat akan melahirkan termasuk yang sangat berat dan
sulit sekali.

Saya memang benar-benar kaget,koq haid saya bulan
ramadhan tidak datang,begitupun setelah
lebaran,akhirnya di test dengan baby check,ternyata
hasilnya positif hamil.Saya ngak kecewa,malah
senang,karena bagi saya semua itu Allah yang
menentukannya dan memberikannya.bahkan sejak saat itu
kondisi badan dan makanan saya,sangat saya jaga
sekali.

Sudah membayangkan ingin menggendong bayi
lagi,walaupun sebelumnya ngak kepikir sama
sekali,sudah seumur tua ini ( 35 thn ),saya masih akan
punya bayi lagi.Target saya dulu sudah ada anak tiga (
lengkap lelaki dan perempuan ),pas di usia saya 29
tahun saya stop kehamilan,namun Allah berkata
lain.saya masih diberikan amanah oleh Allah yang
insyaAllah , untuk menjaga dan mendidik anak-anak kami
ini.

Kalau di lihat dari segi umur yang sudah tua ini ,dan
kondisi kesehatan,jujur aja,saya merasakan sepertinya
sudah ngak kuat lagi.Tapi wallhua'lam mana tahu Allah
memberikan kekuatan bagi saya.Dan kami juga memikirkan
masa depan anak-anak kami,sampai usia berapa kami
mampu,mendidik,menjaga dan  membiayai anak-anak,
kuliyahnya kelak , dan usia saya,suami juga saat itu
sudah berapa tahun.

Bagaimanapun kemampuan manusia itu terbatas.Kita ngak
tahu,tabungan yang kita sisihkan saat ini,apa
benar-benar bisa mampu mencukupi kebutuhan hidup dan
sekolah mereka,dan lain sebagainya.Semua terpikirkan

Demi menjaga kehamilan saat ini,saya rela menanggung
segala sakit bekas operasi yang sangat ngilu
sekali,sesak nafas,badan bengkak-bengkak,mana kepala
pusing sekali dan sebagainya itu.

Saya istirahat total di atas kasur,padahal saya
orangnya suka gerak dan bergaul dengan teman-teman
saya.namun demi menjaga anak ini lahir dengan selamat
dan tidak premature insyaAllah,semua itu saya jalankan
dengan penuh kesabaran,dan tawakkal.Yang penting saya
sudah berusaha maksimal,namun tetap hasil akhir,saya
tawakkal dan serahkan semuanya pada Allah.karena
apapun yang diberikan Allah pada saya berarti itu
adalah yang terbaik untuk saya dan keluarga.

Demikian,dan terimakasih untuk semua yang telah
memberikan perhatian khusus pada saya,hanya Allah yang
membalas semua kebaikan para netter semua.maaf saya
ngak bisa menyebutkan nama-namanya,karena cukup banyak
,juga karena nama itu ada di dalam hati saya saja.

Perbanyak maaf dan terimakasih Jazaakumullahu Khairal
jazaa.

Wassalam.Kairo  Akhir Juni 2004-06-25 Rahima.Rahim.)