Mungkin Tema kita tentang misionaris bisa di gabungkan dg yg ini.
Orang yg menjelekkan Rasulullah, orang-orang itulah contoh hati yg telah
tertutup habis.

Kisah-kisah Menarik Tentang Pesona Ayat-ayat Suci Al-Qur'an

http://alqalam.hidayatullah.com

Rasulullah SAW pernah meminta sahabatnya yang bernama Abdullah bin Mas'ud
supaya membaca al-Qur'an di hadapannya. Sebagaimana diketahui Ibnu Mas'ud
adalah sahabat Nabi yang terkenal dengan qira'ahnya yang bagus dan lagu
serta suaranya amat merdu.

Ibnu Mas'ud membaca beberapa ayat dari surat an-Nisa'. Tetapi setelah sampai
ayat 41, maka Rasulullah meminta Ibnu Mas'ud supaya berhenti, karena air
matanya telah bercucuran terharu.

Ayat an-Nisa' 41 itu artinya :
"Betapa dahsyatnya keadaan di kala itu (hari akhirat), bila Kami (Allah)
menghadirkan seorang saksi bagi setiap ummat, dan engkau (Muhammad) Kami
hadirkan juga sebagai saksi bagi mereka."

Rasulullah tak tahan mendengar ayat itu. Bagaimana kalau dia menjadi saksi
kelak bagi ummatnya yang bejat-bejat yang sudah rusak moralnya, bagaimana
pula dia dihadirkan sebagai saksi bagi ummatnya yang kafir durhaka dan
apakah dia tahan melihat ummatnya yang durhaka itu dihalau oleh malaikat ke
neraka? Semuanya itu terbayang di pelupuk matanya, dan karena itu beliau
menangislah. "Cukup, cukup, sampai di sini wahai ibnu Mas'ud" kata
Rasulullah kepada sahabatnya yang ahli qira'ah lagi bersuara merdu itu. Ya,
beliau terharu dan hatinya tersentuh.

Fudhail bin 'Iyad, yang kemudian menjadi ulama besar, pada mulanya selagi
masih muda adalah seorang jahil yang terpesona kepada seorang perempuan.
Pada suatu malam dia mendatangi kekasihnya itu. Tetapi setelah dia melompat
pagar rumah sang gadis, tiba-tiba dia melihat sang gadis sedang membaca
al-Qur'an, mengumandangkan ayat al-Qur'an surah al-Hadid ayat 16 yang
artinya :

"Apakah belum tiba waktunya bagi orang yang beriman, untuk tunduk hati
mereka mengingat Allah dan mengingat kebenaran apa yang diturunkan-Nya
(al-Qur'an) dan janganlah mereka seperti ahli kitab sebelum mereka, telah
lama mereka berpisah dari ajaran Nabinya, sehingga hati mereka menjadi kasar
(tidak tembus cahaya kebenaran), dan kebanyakan mereka menjadi orang fasik."

Setelah mendengar ayat ini dituturkan oleh sang gadis dengan suara yang
merdu, maka Fudhail mundur dan mengurungkan niat jahatnya. Dan semalaman dia
merenungkan peringatan Allah itu bagi hamba-Nya yang beriman. Jiwanya
berbisik, "Kapan lagi engkau akan insyaf? dan bertobatlah segera sebelum
ajal datang menjemput, ya sebelum terlambat, wahai Fudhail!".

Demikian, kemudian dia bertobat dan berusaha membina dirinya menjadi seorang
muslim sejati, dan berkat tekun belajar, dia menjadi ulama besar yang cukup
terkenal. Kata-katanya banyak dikutip oleh pengarang.

Lain lagi dengan kisah Utbah al-Ghulam, seorang penjahat besar di negeri
Basrah. Pada suatu hari dia mendengar pengajian di sebuah masjid Basrah.
Waktu itu yang memberi ceramah agama adalah ulama besar Basrah yang amat
terkenal, Syekh Hasan al-Bashry. Syekh Hasan kebetulan sedang menguraikan
surat al-Hadid ayat 16 tersebut dengan sejelas-jelasnya, dan kemudian
menyuruh hadirin terutama bagi orang-orang yang berdosa segera bertobat.
Menjawab pertanyaan seorang hadirin, apakah dosanya bisa diampuni Allah bila
dia bertobat, maka Syekh Hasan menjawab :
"Walaupun dosa anda sebesar dosanya Utbah al-Ghulam, Insya-Allah dosa anda
akan diampuni bila anda bertobat dengan sungguh-sungguh."

Tiba-tiba mendengar orang meraung dan kemudian dia jatuh pingsan dalam
masjid itu. Dan rupanya yang pingsan itu adalah Uthbah bin al-Ghulam
sendiri, sang penjahat terkenal.

Setelah sadar, dia bangkit mendekat sang guru, dan sang guru masih terus
menasehatinya dari hati ke hati. Hasan berkata, "Bila anda tahan sentuhan
api neraka, maka silakan terus melakukan kejahatan. Tetapi bila tidak, maka
segeralah bertobat! Dengan dosa-dosa yang kau lakukan itu berarti engkau
telah menghina, membebani jiwamu sendiri, maka lepaskan dirimu dari dosa itu
dengan bersungguh-sungguh!"

Nasihat sang guru besar, ulama terkenal itu, sungguh menyentuh hatinya, dan
kemudian dia bertobat kepada Allah dengan taubatan nasuha. Dan setelah
bertobat, dia mengangkat kedua tangannya dan menengadahkan kepalanya sambil
berdo'a kepada Allah yang antara lain berbunyi :

"Tuhanku, jika Engkau telah menerima tobatku dan mengampuni dosaku, maka
berilah aku kehormatan dengan kedalaman pengertian tentang agama-Mu dan
lekas menghafal apa yang Engkau baca dan aku dengar, sehingga aku dapat
menghafal ilmu dan ayat-ayat al-Qur'an. Berilah aku karunia dengan suara
yang indah dan mempesona, sehingga barangsiapa yang mendengar bacaan
qira'atku hatinya bertambah tersentuh walaupun dia sebelumnya berhati kasar.
Tuhanku, berilah aku kemuliaan dengan rizki yang halal, dan berilah aku
rizki yang datangnya tak terduga."

Alhamdulillah, do'anya makbul dan terjadilah keanehan pada dirinya. Ada saja
rizki berupa roti yang diantarkan orang ke rumahnya setiap hari, tanpa
diketahui siapa yang mengantarkannya. Demikian itu berlangsung terus sampai
akhir hayatnya. Begitulah Allah mengabulkan do'a hamba-Nya yang benar-benar
ikhlas dalam tobatnya.

Maaf, ini sedikit kisah pengalaman pribadi. Pada suatu hari penulis
membawakan khutbah Jum'at di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.
Selesai berkhutbah, penulis menggabungkan diri dengan jama'ah, karena waktu
ada imam khusus yang akan mengimami shalat Jum'at. Sebelum 'takbiratul
ihram' penulis melihat ke shaf belakang, dan ternyata di situ berdiri Prof.
Dr. H. Rasjidi yang terkenal itu. Dengan serta merta penulis mohon beliau
maju ke depan di samping penulis.

Waktu imam membaca ayat sesudah al-Fatihah, terdengarlah Rasjidi menangis
terisak-isak, mungkin karena terharu dan terpesona. Seingat penulis, ayat
yang dibaca imam waktu itu adalah surah Fushilat ayat 30, yang artinya :

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan Tuhan kami adalah Allah, kemudian
berlaku istiqamah (konsisten dalam kebenaran), akan turun malaikat kepada
mereka (pada akhir hayatnya) dan membisikkan kalimat : Jangan kamu takut dan
berduka, dan bergembiralah kamu dengan surga yang telah dijanjikan Tuhan
untukmu."

Saya kira Rasjidi menangis terisak-isak di dalam masjid waktu itu karena
amat terpesona dan terharunya beliau mendengar imam membaca ayat tersebut.

Dulu waktu Rasulullah membacakan ayat Fushilat 30 itu kepada sahabatnya, Abu
Bakar as-Sidiq, maka Abu Bakar berkomentar,
"Alangkah indahnya ayat ini ya Rasul Allah!" Nabi SAW menjawab :
"Nanti (di akhir hayatmu) akan ada malaikat yang akan membisikkan ayat ini
ke telingamu!"
Ya, berbahagialah orang-orang shalih yang malaikat membacakan ayat ini kelak
ke telinga mereka pada akhir hayatnya. Amien!

Kisah masuknya Umar bin Khaththab ke dalam Islam adalah kisah yang patut
disimak. Sebagaimana diketahui, Umar bin Khaththab adalah tokoh terkemuka di
Arab di masa jahiliyah. Mulanya dia sangat menentang ajaran Islam yang
dibawa Nabi Muhhamad. Tetapi kemudian melalui proses yang unik dia akhirnya
menjadi orang terkemuka Islam, bahkan menjadi khalifah ke dua setelah Abu
Bakar as-Siddiq.

Syahdan pada suatu ketika dia dengan pedang terhunus ingin menikam
Rasulullah dengan para sahabatnya yang masih sedikit, yang sedang dibina
Rasulullah di rumah Arqam bin Abil di dekat Shafa. Di tengah jalan dia
ditegur seseorang bahwa sebelum menindak orang lain lebih baik dia
menyelesaikan urusan familinya sendiri terlebih dahulu. Orang itu
menyampaikan kepada Umar bahwa adik kandungnya sendiri bersama suaminya
telah menganut Islam menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW. Umar lantas
berbelok ke rumah adiknya, Fatimah, dan kebetulan sedang membaca al-Qur'an.
Dengan serta merta Umar memperlihatkan kemarahannya dengan memukul langsung
adik dan iparnya sendiri hingga babak belur.

Kebetulan di tangan Fatimah ada lembaran Kitab Suci al-Qur'an yang baru saja
dibacanya. Umar membentak adiknya dan meminta supaya lembaran itu diberikan
kepadanya. Tetapi Fatimah menolak dengan alasan "Anda adalah najis, yang
haram menyentuh lembaran suci ini," tandas Fatimah. Karena rasa ingin
tahunya sangat besar, maka dia mandi dan kemudian lembaran suci itu
diberikan adiknya, Fatimah, kepada Umar. Dan setelah membaca beberapa ayat
dari surah Thaha, hati Umar berbalik arah seratus delapan puluh derajat. Ia
kemudian masuk Islam.

"Kami bukan menurunkan al-Qur'an kepadamu untuk menyusahkan dirimu.
Melainkan menjadi peringatan bagi orang yang takut Tuhannya. Dia turun dari
dzat yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi Ar-Rahman (Allah) itu
bersemayam di atas singgasana 'arsy. Kepunyaan-Nya segala apa yang ada di
antara keduanya, dan apa-apa yang ada di bawah petala bumi. Jika engkau
keraskan perkataan, Dia mengetahui apa yang dirahasiakan dan apa yang lebih
tersembunyi. Allah, tidak ada tuhan kecuali Dia. Bagi-Nya ada beberapa nama
yang indah." (Q.S. Thaha: 1-8).

Setelah itu barulah dia pergi dengan pedang terhunusnya ke rumah Arqam
mencari Rasulullah. Mulanya para sahabat curiga dan dengan kewaspadaan yang
penuh untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Tiba-tiba Umar memeluk
Rasulullah dengansekaligus mengucapkan dua kalimah Sahadah sebagai tanda dia
memeluk Islam. Semuanya mengucapkan alhamdulillah dan bertakbir tanda syukur
kepada Allah atas islamnya Umar.

Demikian skelumit kisah-kisah yang menarik tentang pesona ayat-ayat suci
al-Qur'an yang berguna untuk penataran iman hamba-hamba Allah yang ingin
bersujud kehadirat-Nya sebagai hambaNya yang ingin berjalan lurus menurut
jalur-jalur Kitab Suci al-Qur'anul Karim Dan numpang tanya apakah ada
diantara para pembaca yang budiman yang terpesona dengan membaca al-Qur'an
atau mendengarkannya dengan air mata yang meleleh?